Selasa, 15 Januari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-TEKNOLOGI MANFAAT INTERNET

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA

Teknologi " Manfaat Internet"

Internet ialah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di semua dunia. Jaringan ini mencakup jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan udah. jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik). Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai software dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan sokongan software dan hardware yang dibutuhkan. Bagi bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam urusan ini provider ) mesti mempunyai program software serta bank data yang meluangkan informasi dan data yang bisa di akses oleh pihak beda yang tergabung dalam internet. Pihak yang sudah tergabung dalam jaringan ini bakal mempunyai alamat tersendiri ( laksana nomor telepon ) yang bisa dihubungi melewati jaringan internet. Provider berikut yang menjadi server untuk pihak-pihak yang mempunyai personal komputer ( PC ) guna menjadi pelanggan ataupun guna mengakses internet. Beberapa software dan kemudahan yang umum dilakukan melalui internet :
Akses ke semua dunia. Jaring-an internet adalahjaringan internasional yang tersebar di semua dunia. Pemakai internet lumayan mengetikkan alamat web site yang dituju pada kotak alamat ( address ), maka program komputer bakal mengakses segera dimanapun perangkat tersebut. Web site tersebut sudah menyediakan sekian banyak  informasi yang diharapkan oleh pengakses. Beberapa web di internet pun menyediakan website pencari ( mesin pencari ) untuk menggali informasi yang diperlukan oleh pemakai internet .
E-mail. Electronic mail atau surat elektronik ialah bentuk surat yang diketikkan di layar komputer lantas dikiirm melewati jaringan internet ke satu (beberapa) alamat. E-mail ini lantas akan tersimpan pada mail box dari alamat yang dituju hingga dimulai oleh empunya alamat e-mail yang dikirimi. Beberapa web site di internet menyediakan kemudahan e-mail gratis untuk pemakai internet. Setiap pemakai dapat meregistrasi dengan memenuhi data pada web tersebut, mengisikan nama pemakai sebagai alamat e-mail serta memenuhi password yang diinginkan. Setiap pemakai bakal mendapatkan ruang bebas sendiri untuk mail-box-nya, dari 2MB hingga 5MB. Setelah tercatat maka pemakai dapat mengantarkan e-mail atau menerima e-mail dari orang beda dengan menggunakan alamat e-mailnya. Ruang bebas ini bakal tetap terdapat pada web lokasi pemakai meregistrasi menjadi pemakai dan bakal menyimpan masing-masing e-mail yang masuk maupun keluar.
Voice Mail. Di samping e-mail, user/pemakai internet pun dapat menyertakan Voice Mail dalam e-mail yang dikrimkannya. Bentuk daripada Voice Mail ini ialah berupa rekaman suara yang disertakan dalam e-mail. Beberapa web site yang me-nyediakan kemudahan e-mail pun menyiapkan kemudahan Voice Mail di dalamnya. Untuk pengirim maupun penerima Vioce Mail mesti menlengkapi komputernya dengan perlengkapan tambahan guna dapat mengantarkan ataupun menerima Voice Mail tersebut.
Transfer File. Di samping menyertakan Voice Mail, e-mail bisa pula disertakan dengan transfer file . Setiap web site yang me-nyiapkan kemudahan e-mail pun menyediakan kemudahan transfer file yang tidak jarang disebut Attach File. Web melulu perlu mengklik kotak Attach File, selanjutnya akan diberikan panduan oleh komputer guna memilih file yang hendak ditrasfer. File/data yang ditransfer mesti terlebih dahulu dalam suatu disket. Selanjutnya file itu dapat disertakan dalam e-mail dan dikirim ke alamat e-mail yang diharapkan file itu akan turut tersimpan dalam mail box alamat yang dituju. Selanjutnya empunya e-mail./penerima bisa mengakses dan membukannya dalam format text biasa ataupun memindahkannya ke disket.
Transper Foto/Gambar. Dalam file yang disertakan pada e-mail tidak melulu teks yang bisa di attach, namun user bisa pula menyertakan gambar ataupun foto. Foto yang disertakan ini dapat dipungut dari potret digital atau bisa pula dari foto/gambar biasa yang lebih dahulu ditabung dalam disket. Berbeda dengan penyimpan teks, guna menyimpan foto/gambar ke dalam disket diperlukan peralatan (scaning) khusus. Foto/gambar yang bakal dikirim mesti sebelumnya di scaning guna dapat disimpam dalam disket.
Chating. Chating ialah percakapan dalam format tulisan yang diadakan melalui jaringan internet. Pelaksanaanya tidak bertolak belakang dengan pembicaraan telepon yang dapat dilakukan dengan siapapun/dimanapun dalam cakupan jaringan telepon baik melewati saluran maupun dengan transmisi. Perbedaanya terletak pada bentuknya yang berupa komunikasi tulisan. Terdapat sejumlah web site yang pun menyediakan kemudahan chating lagi user-nya dan terdapat pula web yang khusus guna chating. User melulu perku memonitor nama-nama user yang sedang on line dalam chating, selanjutnya menawarkan diri guna untuk bergabung dalam chating user bisa pula tersebih dahulu me ngadakan perjanjian guna chating dengan user lain.
Keunggulan Internet. Penggunaan internet memiliki sejumlah keunggulan/kelebihan bila dikomparasikan dengan perlengkapan komunikasi lain khususnya bila dikomparasikan dengan pemakaian telex maupun faksimile. Keunggulannya antara beda :
Mudah.Internet menyajikan sekian banyak  kemudahan untuk user guna mengoperasikannya. Dengan program windows user melulu perlu guna mengklik tombol ( simbol sesuai keperluan dan berbagai software sudah bisa dijalankan). Begitu pula untuk software lainnya, bila dikomparasikan dengan pemakaian fax dalam ekspedisi data/tulisan. Untuk ekspedisi fax, terlebih dahulu data mesti dibentuk dan digarap pada pesawat komputer lantas di-simpan dalam disket, selanjutnya butuh dicetak lantas harus menyelenggarakan kontak dengan alamat fax yang dituju guna saling mempersiapkan pesawat fax. Setelah kedua pesawat siap barulah ekspedisi fax baru dilaksanakan. Pengiriman bisa pula dilakukan kontak terlebih dahulu bilamana pesawat destinasi bisa bermanfaat secara auto surve.
Akan namun dalam ekspedisi fax sering merasakan kecacatan atau tidak cukup sempurna, terkadang ekspedisi perlu diulang guna menghasilkan fax yang sempurna, sampai-sampai tetap dibutuhkan kontak lanjutan guna menanyakan hasil dari ekspedisi untuk dilaksanakan pengulangan bilamana diperlukan. Berbeda dengan ekspedisi internet, ekspedisi dapat dilaksanakan langsung dari disket tanpa mesti dicetak terlebih dahulu. Juga dapat dilaksanakan kapan saja tanpa mesti menyelenggarakan kontak terlebih dahulu. De-ngan perangkat tujuan, sebab waktu ekspedisi yang paling cepat kemudian tersimpan dalam mail box alamat destinasi dan pada layar ekspedisi akan langsung diperlihatkan hasil dari pengirimannya (walaupun empunya alamat destinasi belum tersingkap mail box-nya).
Keseluruhan masa-masa yang dibutuhkan untuk proses ini melulu dalam hitungan detik. User/pemakai melulu perlu mengetikkan alamat destinasi pada kontak alamat, kemudian menyebutkan pesan ataupun langsung memilih file yang bakal dikirim lantas mengklik tombol send, maka semua data segera dikirim.
Cepat dan Tepat. Pengiriman data melewati internet dilangsungkan dengan cepat sebab langsung dikirim dari komputer ataupun dari disket, sampai-sampai langsung dikirim dalam format pulsa-pulsa (data). Berbeda dengan fax, yang memakai sistem pelarikan cahaya, memerlukan waktu selama 1 (satu) menit guna me-ngirim satu halaman. Apabila pengiriman merasakan kecacatan maka akan memerlukan pengulangan. Begitu pula dari ketepatan pengirim, karakter alamat yang digunakan pada internet ialah sangat sensitif sampai-sampai tidak barangkali ada 2 (dua) empunya alamat yang sama dan dengan sokongan program server bakal langsung memberitahu bilamana alamat yang dituju tidak tercatat dalam internet/tidak ada. De-ngan situasi seperti ini maka akan paling kecil bisa jadi untuk terjadi kekeliruan sasaran alamat.
Kapasitas. Free Space/ruang yang terdapat untuk mail box yang disiapkan untuk tiap-tiap user oleh tiap web site tidak sama. Sebagai misal oleh hot mail (salah satu web site) disiapkan 2 MB, oleh 4 BM dan oleh Net sebesar 5 MB. Bagi perbandingan, suatu disket dapat memuat data sebesar 1.44 MB maka dengan Free space 5 MB, ialah sebanding dengan lebih dari 3 (tiga) buah floppy disc. Di atas lembaran kertas, 1 MB ialah sekitar 500 (lima ratus) halaman. Maka guna free space sebesar 5 MB dapat menampung tidak cukup lebih 2.500 halaman transfer data. Jumlah ini ialah sangat jauh dikomparasikan dengan ekspedisi faximili.
Kerahasiaan. Setiap user/pemakai yang tercatat untuk menjadi pelanggan internet bakal mendapat fasilitar password. Baik password guna mengakses internet maupun password yang diprogram guna mengoperasikan komputernya. Begitu pula dengan free space (mail box) yang disediakan untuk user/pemakai pada sebuah web site, melulu dapat diakses/pemilik alamat. Sehingga pihak beda tidak akan dapat membukanya, bilamana tidak memahami passwordnya (password dirahasiakan oleh empunya alamat). Setelah data diperlukan diakses, user pemakai, bisa menghapusnya dari mail-boxnya sampai-sampai pihak beda yang tidak berkepentingan tidak bakal dapat mengetahuinya.
Efisien dan Efektif. Pemakaian pulsa oleh perlengkapan fax sangat diprovokasi oleh jarak. Sebagai komparasi pemakai fax guna waktu 1 (satu) menit ke Amerika memerlukan ongkos kurang lebih Rp. 8000,- (delapan ribu rupiah) dari perhitungan langsung pulsa telkom. Sedangkan masa-masa yang diperlukan untuk mengijinkan 1 (satu) halaman tidak cukup lebih 1 (satu) menit. Pemakai pulsa oleh internet sangat bertolak belakang dengan fax. Dimanapun perangkat yang di akses ataupun dikirim melewati ja-ringan internet diseluruh dunia, perhitungan pemakai pulsanya tetap dengan pulsa lokal. Deng-an perhitungan pulsa lokal setara kecepatan ekspedisi yang dipunyai oleh internet, maka ongkos yang diperlukan sangat jauh lebih murah dikomparasikan dengan pemakai fax yang sekitar ini pa-ling tidak jarang digunakan. Bahkan diluar negeri, terdapat sejumlah server yang perhitunganya tidak dengan pulsa telepon sebab pelanggannya tidak memakai jaringan telepon, tetapi memakai transmisi gelombang elektromagnetik dengan biayanya merupakan menghitung debit informasi yang di akses. Perhitungannya bahkan jauh lebih murah dari perhitungan pulsa telepon. Sehingga masa-masa dan ongkos yang dipergunakan lebih sedikit.
Kemungkinan Penggunaan Internet di TNI. TNI memiliki sekian banyak  sarana komunikasi untuk mengantarkan data-data ataupun berita tertulis laksana surat telegram, sprin dll. Sarana komunikasi yang dipakai antara beda pesawat radio dengan melangsungkan reporter pesawat telepon, telex dan faximile. Akan tetapi fasilitas yang disajikan oleh pesawat fax menyebabkan nyaris seluruh berita tertulis dikirim melewati fax. Hal ini menciptakan pemakaian pulsa telepon bertambah tajam, bahkan terkadang mendahului batas pemakaian yang sudah disediakan. Dengan situasi ekonomi negara yang sedang tidak cukup menguntungkan secara langsung atupun tidak, bakal mempengaruhi perkiraan negara. Dihadapkan kenaikan-kenaikan serta pulsa telepon yang bertambah tajam, maka bakal menjadi masalah di negara kita. Adalah paling menguntungkan untuk TNI bilamana memanfaatkan teknologi internet sebagai sarana komunikasi artikel maupun guna transfer data serta menggantikan pesawat fax. Ada 2 (dua ) cara untuk TNI guna memanfaatkan teknologi internet yakni Mabes TNI/Dephan menjadi provider langsung untuk satuan-satuan TNI di semua Indonesia ataupun satuan-satuan TNI itu menjadi pelanggan internet pada provider-provider yang sudah ada.

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka


(0233) 8281236 | 085216667297

Tidak ada komentar:

Posting Komentar