Selasa, 15 Januari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-TEKNOLOGI KOMPUTER

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA
Komputer ialah alat yang digunakan untuk mengubah data menurut keterangan dari prosedur yang sudah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk mencerminkan orang yang perkerjaannya mengerjakan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa perangkat bantu, tetapi makna kata ini kemudian dialihkan kepada mesin tersebut sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi nyaris eksklusif bersangkutan dengan masalah aritmatika, namun komputer modern digunakan untuk tidak sedikit tugas yang tidak bersangkutan dengan matematika.
Dalam makna seperti tersebut ada alat laksana slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai seluruh komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang sesuai untuk makna luas laksana "komputer" ialah "yang mengubah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun telah ada beberapa makna yang bertolak belakang dalam kata "komputer", dan sejumlah kata yang bertolak belakang tersebut kini disebut dinamakan sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan guna mendefiniskan orang yang mengerjakan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Berdasarkan keterangan dari Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut dipakai dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata guna "orang yang menghitung" lantas menjelang 1897 juga dipakai sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata itu menunjuk untuk para pekerja perempuan Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain di antara mesin hitung kesatu yang dinamakan mesin analitikal. Di samping itu, sekian banyak  alat mesin simpel seperti slide rule pun sudah dapat disebutkan sebagai komputer.
1. Komputer adalahhasil industri modern yang bermanfaat.
Komputer yang anda kenal ketika ini ialah hasil pengembangan teknologi elektronika dan informatika sehingga format komputer yang asalnya berukuran besar dan santap tempat, kini berbentuk kecil dengan keterampilan besar. Kemajuan industri komponen elektronika IC (integrated circuit) sudah mendorong terciptanya sekian banyak  perangkat chip IC yang pelbagai dan mendukung sekian banyak  keperluan penciptaan produk elektronik. Kemajuan teknologi elektronika tidak terlepas dari adanya peradaban dibidang pengetahuan dan pengolahan bahan semikonduktor terutama silicon.
Manfaat komputer ketika ini cukup pelbagai mulai sebagai alat tolong menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu hingga analisis data hasil riset maupun guna mengoperasikan program-program solusi problem-problem ilmiah, industri dan bisinis. Dunia anak sudah lama mengenal perangkat permainan game yang dikendalikan oleh sistem komputer. Di bidang industri, komputer sudah dipergunakan guna mengontrol mesin-mesin buatan dengan ketepatan tinggi (misalnya CNC, suatu mesin serba untuk dalam industri metal) sampai-sampai dapat anda jumpai sekian banyak  produk industri logam yang bervariasi dan anda bayangkan sulit bilamana dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, contohnya perusahaan topi bodir bisa memproduksi topi dengan kualitas gambar bordir yang seragam dalam jumlah tidak sedikit dalam masa-masa singkat. Di perusahaan dagang laksana department store sudah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sampai-sampai mesin itu dapat dikontrol oleh pihak manajer melulu dari ruangan kerjanya saja. Di bidang pendidikan, di samping dijumpai sebagai alat tolong pelajaran, tidak sedikit peralatan laboratorium yang dilengkapi dengan komputer sampai-sampai alat itu dapat bekerja lebih teliti dan bisa mengatasi tantangan hambatan indra manusia. Dari bidang edukasi dan penelitian yang mempergunakan alat-alat demikian dihasilkan sekian banyak  hasil riset yang berfungsi yang tidak terasa sudah tidak sedikit digunakan dalam kehidupan keseharian masyarakat banyak. Beragam obat baik untuk kebutuhan kesehatan insan maupun pertanian dan peternakan telah tidak sedikit dipergunakan oleh masyarakat. Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah tidak sedikit yang dilengkapi dengan kontrol komputer guna mengusahakan kecermatan kerja pada ruang steril. Perusahaan Australia sudah mengembangkan robot untuk kebutuhan bioteknologi ini. Penerapan kontrol komputer yang tercanggih ada di pesawat terbang dan pesawat angkasa. Untuk bisa mengatasi sekian banyak  kendala alam dan sulit dilaksanakan oleh seorang pilot secara manual, suatu pesawat terbang bisa dikendalikan secara otomatis sehingga dapat terbang dengan selamat di tujuan.
Demikian besarnya guna komputer, untuk tersebut dalam artikel ini diperkenalkan tentang sebuah komputer dan bagaimana merakitnya. Dalam artikel ini tidak diterangkan secara teliti bagaimana membina sebuah susunan elektronik komputer ataupun membina sebuah perangkat empuk komputer (software), guna dapat memahami hal ini kamu masih mesti kuliah di bidang Elektronika dan Informatika. Tulisan ini dimaksudkan supaya anda tidak salah mengenal komputer ataupun memahaminya, dengan kamu dapat mengenal bagian-bagian komputer, merakitnya dan mengenal teknik bekerjanya terutama mengenal teknik mengoperasikan aplikasi aplikasinya maka kamu akan merasakan guna komputer yang demikian besar. Di sinipun tidak diuraikan tentang sejarah penemuan komputer, melulu perlu kamu yakini bahwa komputer ialah hasil industri yang memanfaatkan sekian banyak  hasil riset dan pengujian dari bebeberapa bidang keilmuan. Misalnya keilmuan bidang elektronika, informatika, manajemen, kimia bahan, fisika bahan, kimia fisik, elektrokimia dan lain-lain.
Ini lah sejumlah Teknologi komputer yang bakal diluncurkan tahun 2010 mendatang, bila disaksikan dari format dan kecanggihannya memang teknologi yang bakal datang di tabhun 2010 benar – benar paling fantastis. TriBook dengan tiga konsep layar ultra lebar yakni 21? lebar layar. Ia pun mempunyai sebuah 8x SuperDrive, 1TB harddisk, dan MacBook Pro-calibre CPU, plus suatu keyboard multitouch trackpad,
2. CARA BEKERJA KOMPUTER
Memori
Di sistem ini, memori ialah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), setiap mengandung sepotong kecil informasi. Informasi ini barangkali menjadi perintah untuk menuliskan pada komputer apa yang mesti dilakukan. Sel barangkali mengandung data yang dibutuhkan komputer untuk mengerjakan suatu perintah. Setiap slot barangkali mengandung salah satu, dan apa yang kini menjadi data barangkali saja lantas menjadi perintah.Memori menyimpan berbagai format informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner bakal dipecahkan (encoded) dengan sebanyak instruksi yang mengubahnya menjadi suatu angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F ditabung sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) memakai salah satu cara pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks dapat digunakan guna menyimpan gambar, suara, video, dan sekian banyak  macam informasi. Informasi yang dapat disimpan dalam satu sell disebut sebuah byte.
Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperan guna memproses perintah yang diserahkan oleh pemakai komputer, mengelolanya bareng data-data yang terdapat di komputer. Unit atau peranti pemprosesan pun akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storage untuk mengemban instruksi yang saling bersangkutan.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menyatakan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan suatu Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang seringkali disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), ialah alat yang mengerjakan pelaksanaan dasar laksana pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pengamalan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan komparasi (misalnya, mencocokkan isi sejumlah dua slot guna kesetaraan). Pada unit inilah dilaksanakan "kerja" yang sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah ketika ini yang dilaksanakan oleh komputer, menyuruh ALU guna melaksanaan dan menemukan kembali informasi (dari memori) yang dibutuhkan untuk mengemban perintah itu, dan mengalihkan kembali hasil ke tempat memori yang sesuai. Unit ini bermanfaat mengontrol pembacaan instruksi program komputer.
Masukan dan hasil
I/O membolehkan komputer menemukan informasi dari dunia luar, dan membubuhkan hasil kerjanya di sana, bisa berbentuk jasmani (hardcopy) atau non jasmani (softcopy). Ada sekian banyak  macam perangkat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa laksana webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dipunyai oleh seluruh alat masukan biasa merupakan bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari sebuah macam ke dalam data yang dapat diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang dapat dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam definisi ini, sistem komputer digital ialah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dirundingkan di atas bukan perintah laksana bahasa manusiawi. Komputer melulu mempunyai perintah simpel dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dicerna kebanyakan komputer merupakan "menyalin isi sel 123, dan lokasi tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat dampak di sel 013", dan "jika isi sel 999 ialah 0, perintah berikutnya kamu di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode guna "menyalin" barangkali menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah eksklusif yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang seringkali tidak mencatat perintah guna komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi menggunakan bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang lantas diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer eksklusif (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman bersangkutan erat dengan bahasa mesin, laksana assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa laksana Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari rinci pelaksanaan sebetulnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi).
3. Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 unsur besar yakni perangkat empuk (software) dan perlengkapan keras (hardware).
Perangkat keras
Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengubah data
Memori RAM, lokasi menyimpan data sementara
Hard drive, media penyimpanan semi permanen
Perangkat masukan, media yang dipakai untuk memasukkan data guna diproses oleh UPS, laksana mouse, keyboard, dan tablet
Perangkat keluaran, media yang dipakai untuk memperlihatkan hasil keluaran pemrosesan CPU, laksana monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
Perangkat lunak
Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pemakai dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan ialah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi tergolong (namun tidak hanya) menata eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
Program komputer
Merupakan software tambahan yang dipasang cocok dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
ISA/PCI, slot guna masukan kartu ekstra non-grafis
AGP/PCIe, slot guna masukan kartu ekstra grafis
IDE/SCSI/SATA, slot guna hard drive/ODD
USB, slot guna masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, dengan kata lain perangkat yang bisa dihubungkan ke komputer dan langsung bisa digunakan).
4. JENIS KOMPUTER
Komputer analog ialah istilah yang dipakai untuk mencerminkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini ialah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital ialah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang dipakai dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang dipakai sebagai inti dari komputer analog ialah op-amp (operational amplifier).
komputer digitalAdalah mesin komputer yang dibuat untuk mengubah data yang mempunyai sifat kuantitatif dalam format angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Yang pemrosesnya dilakukan menurut teknologi yang mengolah sinyal menjadi kombinasi bilangan 0 dan 1.
Merupakan hasil teknologi yang mengolah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (disebut pun dengan biner)untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Sinyal itu disebut suatu bit. Sinyal digital ini memiliki sekian banyak  keistimewaan yang menarik yang tidak bisa ditemukan pada teknologi analog, yaitu: 1. Mampu mengantarkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat menciptakan informasi bisa dikirim dengan kecepatan tinggi. 2. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak memengaruhi kualitas dan kuantitas informasi tersebut sendiri, 3. Informasi bisa dengan gampang diproses dan dimodifikasi ke dalam sekian banyak  bentuk, 4. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang paling besar dan mengirimnya secara interaktif. Komputer mengubah data yang ada ialah secara digital, melewati sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer melulu mengenal dua arus, yakni on atau off, atau istilah dalam angkanya sering pun dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off berikut yang yang dapat membuat komputer melakukan tidak sedikit hal, baik dalam memperkenalkan huruf, gambar, suara, bahkan film-film unik yang kamu tonton dalam bentuk digital.
komputer hybrid ialah jenis Komputer yang diperuntukkan guna pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah beda menggabungkan keterampilan digital dengan analog. Dengan ucapan lain data kuantitatif yang diubah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka


(0233) 8281236 | 085216667297

Tidak ada komentar:

Posting Komentar