Rabu, 16 Januari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-PENCEMARAN LINGKUNGAN

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA
Artikel Pencemaran Lingkungan

Masalah perusakan lingkungan adalahmasalah lama yang dihadapi insan dimana sampai saat ini masalah itu masih belum bisa terselesaikan, malah meningkat parah. Pencemaran lingkungan ialah masuknya substansi-substansi riskan ke dalam lingkungan sampai-sampai kualitas lingkungan menjadi berkurang atau kegunaannya tidak cocok dengan peruntukannya. Sehingga tatanan lingkungan yang dulu berubah sebab adanya perusakan lingkungan. Ada sejumlah faktor yang mengakibatkan terjadinya perusakan yang dilaksanakan oleh manusia, yaitu dampak pertumbuhan warga yang semakin bertambah dan pertumbuhan teknologi. Faktor-faktor itu menyebabkan keperluan penduduk pun meningkat, misalnya semakin tidak sedikit pemakai kendaraan individu sehingga memunculkan polusi udara.

Pulotan adalahsebutan untuk manusia hidup, energi, zat atau komponen beda yang mengakibatkan terjadinya pencemaran. Ada tiga kriteria sebuah bahan disebutkan sebagai polutan, yaitu bilamana kadar atau jumlahnya melebihi ambang batas normal, berada pada masa-masa yang tidak tepat dan berada pada lokasi yang tidak semestinya.

Pencemaran lingkungan dapat dipisahkan menjadi sejumlah jenis antara lain perusakan air, udara dan tanah.

1. Pencemaran Air

Air merupakan keperluan pokok manusia. Air dipakai untuk minum, masak dan menuci. Namun, insan tidak dapat menjaga kualitas air yang terdapat di bumi. Hal ini dapat terlihat dari maraknya berita perusakan air di berita laksana tumpukan sampah di kali atau sungai. Pencemaran air dapat diakibatkan oleh limbah lokasi tinggal tangga, pestisida, limbah anorganik dan pupuk.

Air buangan lokasi tinggal tangga dikenal dengan limbah dalam negeri yang berisi 95% hingga dengan 99% air dan sisanya ialah limbah organik. Limbah lokasi tinggal tangga ini adalahsumber makanan yang baik guna bakteri. Apabila sungai dan telaga terkontaminasi dengan limbah lokasi tinggal tangga, akan tidak sedikit ditemukan bakteri dan dapat mengakibatkan penyakit kolera dan tifus. Akibat pekerjaan bakteri tersebut, sekian banyak  macam makhluk hidup lain dapat mati dampak dari kelemahan oksigen. Karena pada ketika di bawah situasi aerob, bakteri pembusuk memakai oksigen di dalam air guna menguraikan pelajaran organik. Sebagian air buangan terdiri dari komponen nitrogen, laksana urean dan asam urik yang terurai menjadi amoniak dan nitrit. Biasanya perairan yang dilewati limbah lokasi tinggal tangga populasi ganggang bakal meningkat pesat sebab banyaknya persediaan nutrisi dan persediaaan oksigen dalam perairan itu akaan berkurang. Semakin ke hilir atau ke arah muara, limbah organik lebih terurai sempurna sampai-sampai kandungan oksigen di dalam air pulang ke batas normal.

Limbah organik pun adalahpenyebab perusakan air. Ada sejumlah industri yang melemparkan limbahnya ke sungai. Limbah-limbah itu berisi logam-logam beracun seperi merkuri, tembaga, kadmium, dan seng. Pupuk dan pestisida pun penyebab perusakan air. Pupuk yang tidak terserap oleh tumbuhan dapat terbawa oleh air hujan, masuk ke sungai atau telaga sehingga sungai atau telaga menjadi kaya nutrien dan perkembangan eceng gondok bertambah pesat. Petisida adalahsenyawa kimia beracun yang dipakai manusia guna mengontrol hama. Pestisida berisi herbisida, fungisida dan insektisida yang pun tidak baik guna makhluk hidup.

Artikel perusakan lingkungan

2. Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalahpemandangan yang dihadapi insan setiap harinya. Pencemaran udara umunya didapatkan oleh pembakaran bahan bakar fosil yang tidak sempurna, laksana pembakaran batubara, kayu, minyak dan gasolin. Polutas gas yang masuk ke udara berasal dari kegiatan manusia atau terjadi secara alami. Polutan gas ini berisi karbon dioksida, karbon monoksida, timah, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida.

Saat ini jumlah karbon dioksida (CO2) yang dicungkil ke udara terus merasakan peningkatan sampai-sampai terjadilah efek lokasi tinggal kaca atau eskalasi suhu di bumi. Efek lokasi tinggal kaca ini menjadi masalah terpaksa yang dapat menakut-nakuti kehidupan insan di bumi. Peningkatan suhu di bumi mengakibatkan salju di wilayah kutub mencair sampai-sampai permukaan air laut meningkat. Itulah menjadi salah satu hal yang merangsang semakin seringnya terjadi banjir di bumi. Karbon monoksida membuat keterampilan darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh berkurang. Karbon monoksida ini didapatkan oleh asap motor dan mobil. Sulfur dioksida (SO2) yang bertambah di atmosfer mengakibatkan gangguan kesehatan pada manusia, khususnya radang paru-paru, penyakit bronkitis dan tidak berhasil  jantung. Di samping itu, SO2 pun mampu merusak seluruh vegetasi sampai jarang yang jauh dan SO2 adalahkomponen utama yang mengakibatkan terjadinya hujan asam. Hujan asam dapat mengakibatkan korosi pada bangunan dan kehancuran hutan. Nitrogen oksida pun adalahkomponen hujan asam. Timah bisa ditemukan di udara, air dan makanan yang dimakan oleh manusia. Keracunan timah bisa terjadi bilamana telah terakumulasi di dalam tubuh dalam jangka masa-masa yang lama. Konsentrasi timah yang tinggi di dalam tubuh dapat mengakibatkan tubuh kehilangan kontrol terhadap tangan dan kaki, kram, koma dan kematian.

3. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah ni berasal dari limbah lokasi tinggal tangga, limbah industri dan limbah pertanian. Sampah adalahbahan pencemar utama dalam limbah lokasi tinggal tangga. Dapat anda lihat tidak sedikit sampah yang berserakan dimana-mana. Hujan asam yang terjadi dampak aktvitas insudtri dapat mengakibatkan mineral berbaaya terlepas dari ikatannya dan situasi pH tanah menjadi rendah. Penggunaan pupuk kimia yang tidak terkendali mengakibatkan tanah kehilangan zat haranya sampai-sampai produktivitas pertanian menurun. Ditambah dengan masuknya pestisida ke dalam tanah akan dominan  ke sekian banyak  makhluk hidup lewat rantai makanan.

Melihat suasana bumi anda yang sudah diisi dengan pencemaran. Manusia sebagai hal penyebab perusakan lingkungan, mesti mengolah perilakunya terhadap lingkungan. Manusia mesti mengawal dan melestarikan lingkungan, bukan merusaknya. Karena perusakan lingkungan menjadi persoalan yang bisa mengganggu kegiatan manusia di bumi. Manusia bisa memulainya dengan sekian banyak  macam pekerjaan cinta lingkungan. Yang sangat penting ialah kesadaran dari dalam diri sendiri sebab semua upaya yang dilaksanakan untuk meminimalisir pencemaran lingkungan tidak bakal berjalan tanpa adanya kesadaran insan terhadap lingkungan.

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka


(0233) 8281236 | 085216667297

Tidak ada komentar:

Posting Komentar