Kamis, 17 Januari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-CARA MEMBUAT TELOR ASIN

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA
Berbicara mengenai telur, siapa sih yang nggak tau telur asin. Telur yang tercipta dari telur bebek ini mempunyai rasa gurih dan asin yang pasti saja memanjakan lidah penikmatnya. Telur asin sendiri adalahsalah satu makanan yang diawetkan sampai-sampai dapat ditabung hingga berhari-hari tanpa fobia basi. Di samping rasanya yang menggoda lidah, ternyata telur asin juga tidak sedikit berisi gizi menyeluruh dan kandungan mineral serta kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan. Sebelum diasinkan telur sendiri memang telah bergizi, tetapi dengan diawetkan gizi pada telur asin meningkat sampai 2 kali lipat.

Telur asin sesuai dimakan dengan sekian banyak  hidangan lainnya. kita tidak butuh bingung menyajikan telur asin dengan apa. Tidak melulu sebagai pelengkap hidangan, kita juga dapat menyantap telur asin sebagai camilan sehat. Bahkan andai Anda sedang berada dalam perjalanan panjang. Cukup dengan membawa telur asin, maka kita tidak repot membawa makanan lainnya serta tahan lama dan tahan lama. Maka tidak salah andai telur asin adalahmakanan yang praktis sebab dapat dimakan kapanpun dan di mana saja.

Telur asin sudah tidak sedikit ditemui di masing-masing kota. Banyak pula wilayah penghasil telur asin. Namun di Indonesia, penghasil telur asin terbaik ialah Brebes, Jawa Tengah. Telur asin khas Brebes ini bahkan sudah hadir sejak separuh abad yang lalu. Bahkan industri telur asin di Brebes lumayan meluas dan pun tersedia sekian banyak  pilihan rasa dan kualitas telur asin. Akan jauh lebih gampang memang untuk melakukan pembelian telur asin, tetapi apa salahnya andai Anda mencoba menciptakan telur asin sendiri di rumah. Anda dapat menyesuaikan rasa cocok dengan selera Anda.

Cara menciptakan telur asin
Cara menciptakan telur asin terdapat 3. Anda dapat membuatnya secara tradisional maupun modern. Yang penting ialah kualitas telur yang Anda gunakan bagus serta prosesnya yang benar.

1. Cara menciptakan telur asin dengan air garam
Bahan :

Telur bebek 12 butir
Garam 500 g
Air 1 L
Toples yang dapat diblokir rapat
Cara menciptakan :

Rendam telur dalam air sekitar 2 menit. Jika terdapat telur yang mengapung, buang saja, sebab telur tidak bagus.
Kemudian bersihkan telur sampai bersih. Hati-hati ketika membersihkannya supaya kulit telur tidak pecah atau retak. Keringkan telur.
Anda dapat memilih guna mengamplasnya atau tidak. Cara ini dilakukan supaya garam bisa lebih gampang meresap sebab pori-pori telur terbuka.
Larutkan garam dalam air. Aduk sampai benar-benar larut. Masukkan dalam toples yang dapat diblokir rapat.
Masukkan telur perlahan-lahan. Pastikan telur terendam semua. Beri jarak 2 cm dari permukaan.
Rendam sekitar 10-12 hari.
Jika hendak rasa lebih asin rendam sampai maksimal 42 hari atau 6 minggu.
Selama proses perendaman, jauhkan dari cahaya matahari.
Setelah proses perendaman selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan hingga air mendidih supaya tidak merusak telur. Rebus sekitar 1 jam.
Bisa pun dengan teknik dikukus dengan masa-masa yang sama.
Telur asin siap disajikan.
2. Cara menciptakan telur asin dengan batu bata

Ilustrasi proses penciptaan telur asin 2017 Merdeka.com

Bahan :

Telur bebek 12 butir
Garam 500 g
Batu bata 4 buah, hancurkan sampai benar-benar lembut.
Air 1 L
Ember
Cara menciptakan :

Rendam telur dalam air sekitar 2 menit. Jika terdapat telur yang mengapung, buang saja, sebab telur tidak bagus.
Kemudian bersihkan telur sampai bersih. Hati-hati ketika membersihkannya supaya kulit telur tidak pecah atau retak.
Anda dapat memilih guna mengamplasnya atau tidak. Cara ini dilakukan supaya garam bisa lebih gampang meresap sebab pori-pori telur terbuka. Keringkan telur.
Campurkan remukan bata yang telah benar-benar halus dengan air. Aduk rata. Jangan hingga encer. Bentuk sampai seperti pasta.
Masukkan garam. Aduk lagi. Anda dapat mengaduknya memakai tangan atau spatula.
Lumuri telur dengan tanah hingga menggumpal laksana tanah liat atau batu. Kira-kira sampai ketebalan menjangkau 3 cm.
Masukkan dalam ember satu per satu.
Taburi lagi telur yang telah dilumuri tanah dengan batu bata lagi secukupnya.
Diamkan sekitar 14 hari.
Setelah proses selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan hingga air mendidih supaya tidak merusak telur. Rebus sekitar 1 jam.
Bisa pun dengan teknik dikukus dengan masa-masa yang sama.
Telur asin siap disajikan.
Cara menciptakan telur asin memakai batu bata dapat Anda ganti dengan memakai abu gosok. Hanya butuh mengubah batu bata dengan abu gosok. Cara menciptakan nya sama saja.
Jika Anda hendak rasa yang lain, Anda lumayan mengganti teknik akhir, bukan dengan dikukus, tetapi dipanggang atau menggunakan teknik membuat telur asin asap yakni dengan teknik mengasapi telur sampai matang.


Ilustrasi telur asin asap 2017 Merdeka.com

Untuk proses pengasapan memerlukan waktu yang lebih lama. Jika ingin wewangian lebih wangi dan gurih, Anda dapat membuatnya dengan teknik dipanggang. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar