Senin, 21 Januari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-SEJARAH PATUNG LIBERTY

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA

patungliberty
Sejarah berdirinya Patung Liberty adalah salah satu monumen paling ikonik di Amerika Serikat. Patung ini berbentuk sosok wanita yang memegang sebuah obor dan buku. Makna dari patung ini melambangkan demokrasi yang dibangun di negara yang biasa di sebut Paman Sam. Patung ini dibangun untuk memperingati seratus tahun Deklarasi Kemerdekaan. Terletak di Pulau Liberty di muara Sungai Hudson di New York Harbor.

Patung ini memiliki makna bahwa rakyat Amerika memiliki kebebasan dan demokrasi. Kebebasan berpendapat, hak bebas untuk memilih, hak bebas untuk bertindak dan hak bebas untuk hidup. Oleh karena itu patung liberty sangat penting bagi warga Amerika Serikat karena patung ini sangat bersejarah bagi mereka.

Patung ini adalah ide dari sahabat George Washington, presiden pertama Amerika Serikat. Sahabat George Washington bernama Edouard Rene de Laboulaye Lefebvre. Laboulaye adalah seorang ahli hukum dan pemikir dari Perancis.

Berdirinya Amerika Serikat tidak terlepas dari peran Perancis. Selama revolusi, Perancis yang menyuplai persenjataan bagi koloni-koloni di Amerika Serikat. Persenjataan ini digunakan untuk membebaskan diri dari pendudukan Kerajaan Inggris yang saat itu menjajah Amerika.

Pada tahun 1865, berkumpulah beberapa pembesar Amerika kala itu dan para intelektual Perancis yang menentang Rezim Napoleon III. Para intelektual Perancis mengatakan bahwa mereka mengagumi pembentukan negara Amerika. Serta Amerika berhasil menjadi negara demokratis dan membebaskan perbudakan pada akhir perang saudara.

Laboulaye mengatakan dalam makam malam kecil itu sebuah ide. Ide untuk membuatkan Amerika Serikat sebuah monumen untuk memperingati demokrasi di Amerika Serikat dan berharap Perancis dapat ikut menjadi negara demokratis di dunia.

Salah satu tamu jamuan makam malam saat itu Frédéric-Auguste Bartholdi. Bartholdi adalah seorang pematung terkenal berumur 31 tahun. Dia berasal dari Colmar, Alcase salah satu provinsi timur di Perancis. Bartholdi tertarik dengan gagasan Laboulaye dan membuatnya terinspirasi.

Perancang Patung Liberty
Frédéric-Auguste Bartholdi di lahirkan pada tanggal 2 Agustus 1834 di Colmar. Awalnya dia berkarir sebagai pelukis jalanan. Bartholdi di lahirkan dari ayah seorang pegawai negeri sipil. Namun ayahnya meninggal saat usianya baru berinjak dua tahun. Oleh sebab itu Bartholdi diasuh oleh ibunya Caroline yang sangat keras.

Kehidupan keras dan jalanan di Perancis membuat Bartholdi mudah untuk menjadi sosok yang kuat. Bartholdi mengalihkan pikirannya dengan cara melukis. Kecintaannya akan patung bermula dari banyaknya patung di daerah kelahirannya. Patung-patung itu bergaya Yunani dan Romawi tercermin baik gaun atau arsitektur dari zaman kuno, sehingga gaya seni abad 19 kemudian dikenal sebagai “neoklasik.”. Di studionya Bartholdi membuat patung dengan tinggi 12 kaki. Studionya hanya menyisakan 2 inci dari atas patungnya.

Arah pemikiran Bartholdi berubah ketika kunjungannya ke Mesir. Bartholdi terkesan dengan arsitektur Piramida dan Spinx. Pada tahun 1870 ketika perang Perancis – Rusia terjadi. Bartholdi menjadi tentara dan berpangkat Mayor di kota kelahirannya. Perang tersebut merubah makna kebebasan dalam pikiran Bertholdi.

Laboulaye meminta Bartholdi untuk berkunjung ke Amerika Serikat untuk melihat situasi disana. Dirinya juga berharap Bartholdi mendapatkan inspirasi. Laboulaye berharap dapat membuat suatu monumen untuk mengingat persahabatan yang erat antara Amerika Serikat dan Perancis.

Bartholdi menjawab surat Laboulaye, “Aku akan mencoba untuk memuliakan Republik dan Liberty di sana, dengan harapan bahwa suatu hari nanti aku akan menemukannya lagi di sini.”. Berbekal surat dari Laboulaye. Bartholdi berkeliling Amerika untuk mendapatkan pendapat Amerika mengenai ide pembangunannya. Bartholdi bercita-cita menciptakan sejarah berdirinya Patung Liberty di Amerika Serikat. Desain awal di bawah ke Amerika. Desain awalnya berbentuk sketsa. Ajaibnya, desain itu diterima.

Pengumpulan Dana
Dana pembangunan patung yang dinamakan Patung Liberty ini sangatlah besar. Awalnya Bartholdi ingin membangun patungnya di Terusan Suez. Karena terkesima dengan Spinx. Di Perancis Bartholdi mengumpulkan dana dengan berkunjung ke perusahaan-perusahaan. Berharap mendapatkan dana walaupun sedikit. Pemerintah Perancis pun merespon dengan menarik pajak dari sektor-sektor yang memungkinkan. Namun pada awalnya Pemerintah Perancis enggan membiayai karena menganggap proyek ini terlalu mahal.

Di Amerika pengumpulan dana berjalan sangat lambat. Hal ini memicu hati Joseph Pulitzer orang kaya Amerika Serikat membuka kantor surat kabar The World. Pulitzer menulis ktitikan kepada orang kaya karena enggan menyumbang. Pulitzer juga memanfaatkan orang-orang kurang mampu untuk mengumpulkan dana.

Tulisan itu membuahkan hasil. Dana terkumpul cepat dari orang-orang kaya yang tergerak untuk menyumbang. Biaya sumbangan yang diharapkan mencapai $100.000 dapat terkumpul sampai $120.000 kala itu. Strategi Pulitzer adalah dengan mencantumkan setiap nama yang menyumbang kedalam korannya.


Pembuatan Patung Liberty
Dalam membangun Patung Liberty. Bartholdi tidak sendiri. Untuk menyusung rangka dan tulang penyusun patungnya. Bartholdi meminta bantuan arsitek baja terkenal Alexandre Gustave Eiffel. Eiffel adalah perancang dan pembangun menara ikonik Perancis, Menara Eiffel.

Pada tahun 1876, lengan patung Liberty di bawa ke Philadelphia. Lengan yang berukuran 9,1 meter dibawa dengan modal 50 sen. Lengan inilah yang akan dijadikan ruangan. Bartholdi berharap inilah satu-satunya patung yang bisa dimasuki.

Di Amerika sendiri dilaksanakan proyek pembangunan pondasi Patung Liberty. Jendral Charles. P Stone dipanggil sebagai pembuat pondasi berdirinya Patung Liberty. Arsitek pembuat pondasi adalah seorang desainer terkenal New York, Richard Moris Hunt. Bartholdi sendiri yang memilih lokasi berdirinya Patung Liberty.


Pendirian Patung Liberty
Pada tahun 1883 Laboulaye pencetus ide berdirinya Patung Liberty meninggal karena serangan jantung. Satu tahun setelahnya 1884 Patung Liberty menjalani pembangunan tahap akhir. Patung Liberty pada musim semi di tahun 1885 masih tetap berada di Perancis. Saat itu sedang dilakukan pembongkaran.



Pada tanggal 15 Juni 1885, potongan Patung Liberty yang terdiri dari 214 kotak kayu tiba di Pulau Bedloe. Namun Patung Liberty baru didirikan pada bulan Mei 1886. Pendiriannya memakan waktu sekitar enam bulan masa pendirian.

Pada tanggal 25 Oktober 1886, Bartholdi beserta istrinya berkunjung ke Amerika Serikat untuk melihat hasil karyanya. Bartholdi berangkat dari perancis bersama Viscount Ferdinand de Lesseps-Marie, Ketua Uni Franco-Amerika. Kedatangan rombongan Bartholdi disambut oleh Komite Amerika dan Joseph Pulitzer. Setibanya di pulau Bedloe tempat berdirinya Patung Liberty. Bartholdi hanya berkata bahwa cita-citanya telah terwujud.

Pada tanggal 28 Oktober 1886, Patung Liberty di buka untuk umum. Pemerintah Amerika Serikat menetapkan hari tersebut sebagai hari libur nasional. Namuh hanya Wall Street yang tidak libur saat itu. Parade tiga warna dilaksanakan sepanjang kota New York. Tiga warna itu adalah merah, putih, biru. Warna yang melambangkan bendera Perancis. Setiap anak mengikatkat pita berdasarkan warna itu dan membanjiri kota.


Pejabat kedua negara hadir. Presiden Amerika saat itu Grover Cleveland serta kabinetnya dan gubernur New York beserta stafnya turut hadir. Peristiwa memalukan kala banyak keluarga kaya Amerika Serikat yang tidak menyumbang, hadir dan berebut kursi terdepan untuk dilihat dunia.

Patung Liberty menjadi patung tertinggi dunia. Namun pada tahun 1899 dikalahkan oleh patung Santo Paulus di Brasil. Pada tahun 1903 dipasanglah sebuah plat perunggu yang berukirkan puisi karangan Emma Lazarus – The New Colosuss yang turut membantu pendanaan.

Pada tahun 1916, dilakukan penggalangan dana dan terkumpul $30.000 untuk pembuatan lampu sorot agar menerangi symbol persahabatan Perancis-Amerika itu. Tanggal 15 Oktober 1924 Presiden Amerika saat itu Calvin Coolidge menetapkan Patung Liberty sebagai monument nasional. Namun baru pada tahun 1933 National Service Park mengambil alih perawatan dan pemeliharaan Patung Liberty. Sejarah berdirinya Patung Liberty merupakan kebanggaan rakyat Amerika Serikat sampai saat ini.

Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka


(0233) 8281236 | 085216667297

Tidak ada komentar:

Posting Komentar