Minggu, 20 Januari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-TUJUH KEAJAIBAN DUNIA SEJARAH BERDIRINYA MASJID TAJ MAHAL DI INDI

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA
Sejarah Asal awal berdirinya bangunan Masjid Taj Mahal Indi
Kepedihan di Balik Keanggunan Taj Mahal

Masjid Taj Mahal di bina tahun 1632-1652. Sebuah mega proyek pada zamannya dengan mempekerjakan ribuan pekerja bangunan dan pekerja seni menangani penciptaan kaligrafi ayat ayat suci Al-Qur’an, Asma Allah sampai ukiran ornamen ornamen islami yang menghias nyaris keseluruhan bangunan masjid ini. Masjid Taj mahal dirancang oleh Isa Muhammed yang memegang peranan urgen dalam borongan rancang bangun masjid ini.
Sejarah Bangunan Masjid Taj Mahal India



Pembanangunan masjid ini nyaris bersamaan dengan pembangunan Maosoleum Taj Mahal. Ratu Mumtaz Mahal wafat pada tahun 1631, jenazahnya sempat sedangkan waktu dimakamkan di areal selama sisi barat tembok Taj Mahal yang sekarang ditandai dengan batu pualam yang sedikit disanjung seukuran makam, dan di tahun 1631 tersebut pula perumahan Taj Mahal ini mulai dibangun, baru lantas setelah borongan bangunan Taj Mahal berlalu di tahun 1648 jenazahnya dialihkan ke dalam Taj Mahal.
Sejarah Bangunan Masjid Taj Mahal India

Pada tahun 1983 Masjid Taj Mahal masuk dalam website warisan sejarah dunia Unesco, familiar dengan sebutan sebagai Permata seni islam di India, dan di antara mahakarya universal warisan dunia. Sepanjang tahun lokasi ini dipenuhi oleh turis manca Negara maupun turis lokal India. menjadikannya sebagai di antara pundi pundi pendapatan devisa Negara dari sektor pariwisata India.

Sejarah Bangunan Masjid Taj Mahal India

Sejarah Bangunan Masjid Taj Mahal India
Sejarah Bangunan Masjid Taj Mahal India
Taj Mahal, Karya Besar di Balik Kisah Cinta dan Penindasan

Taj Mahal di bina oleh kekaisaran Mogul di bawah pemerintahan Shah Jahan sebagai makam untuk memperingati istri tercintanya, Ratu Mumtaz Mahal, yang meninggal dunia saat melahirkan. Berikut ini sejumlah fakta dan kisah di balik Taj Mahal :
Bangunan yang berhiaskan permata ini ditamatkan pada selama 1647 dan kota tempatnya di Agra. Inilah monumen yang kemudian dirasakan menjadi misal arsitektur Mogul yang sangat mengesankan.
Musoleum ini pun telah bertahan dalam penyerbuan kumpulan Jat serta penjajah kolonial Inggris, yang saat penentangan India 1857 membongkarnya. Kemudian Taj Mahal direstorasi dan dipasang perancah supaya terlindungi dari serangan bom di dalam PD II.
Meski tidak sedikit teori baru-baru ini mengklaim bahwa Taj dirancang bukan sebagai simbol perasaan cinta mendalam, tetapi sebagai peta atas interpretasi Hari Penghakiman versi Sufi, aliran mistik dalam agama Islam.
Bangunan Taj Mahal pun tidak terlepas dari perseteruan keluarga, sebab tak lama sesudah pembangunan selesai, Shah Jahan digulingkan dan dipenjarakan putranya sendiri.Tetapi kesudahannya putra tersebut menyelesaikan baktinya sebagai anak dengan menguburkan sang ayah di samping Mumtaz.
Keindahan Taj Mahal membutuhkan 22 tahun guna rampung. Dalam masa-masa itu, pembangunannya digarap oleh tak tidak cukup dari 20.000 orang serta 1.000 gajah.
Kubah megah setinggi nyaris 200 kaki sejatinya ialah sebuah kubah dalam kubah. Bulatan rangka luar lebih banyak daripada yang di unsur dalam. Oleh karena itu, andai eksterior kubah terlihat dari dalam, simetrinya bakal terlihat tidak sempurna. Lalu ujung pucuk Taj didesain berbentuk laksana bunga teratai.
Sarkofagus berornamen yang dipajang untuk para pengunjung Taj Mahal, sebetulnya kosong. Dan makam yang pribumi ditempatkan di lantai bawah, tersembunyi.
Taj bisa dikunjungi selepas gelap, yaitu pada malam bulan purnama serta dua hari sebelum dan sesudahnya. Sedangkan pada tiap hari Jumat dan sekitar Ramadan, musoleum ditutup.
Ada seorang penyair India, Rabindranath Tagore, yang melukiskan Taj Mahal sebagai "setetes air mata pada muka sangkala".
Namun, Taj sekarang menghadapi ancaman sangat berbahaya: degradasi lingkungan. Taj Mahal berdiri di pinggir sungai Yamuna yang perlahan mengering. Menyusutnya permukaan air dari Sungai Yamuna mempercepat laju pembusukan kayu yang menahan strukturnya, sampai-sampai dikhawatirkan dapat sewaktu-waktu ambruk.
Sampai ketika ini Masjid Taj Mahal ini selain dipakai untuk lokasi peribadahan pun sebagai obyek wisata yang masih nyata keindahan dan kemegahannya.
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka


(0233) 8281236 | 085216667297

Tidak ada komentar:

Posting Komentar