Kamis, 24 Januari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-BIOGRAFI R.A KARTINI

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA
Hasil gambar untuk biografi kartini
Tentu masyarakat Indonesia telah kenal dengan potongan lagu yang berbunyi “Wahai ibu anda kartini puteri yang mulia, sungguh besar cita – citanya untuk Indonesia”. Potongan lagu itu adalahlagu persembahan Indonesia untuk keagungan dan perjuangan ibu Kartini di era penjajahan.

Beliau adalahsalah satu pahlawan perempuan Indonesia yang rela berusaha untuk rakyat Indonesia di masa penjajahan. Beliau ialah wanita terdidik yang mempunyai harapan atas keserupaan gender. Di masa tersebut memang perempuan tidak dihargai, jangan mendapatkan edukasi yang layak melulu tugasnya mesti di lokasi tinggal mengurus suami, anak dan memasak. Kemudian RA Kartini berjuang supaya wanita tidak ditindas dan dapat sejajar dengan lelaki lewat suatu perjuangannya yang mendengungkan kebenaran. Beliau memang perempuan cerdas yang pemberani sampai semua yang dilaksanakan memberi makna yang paling besar untuk wanita Indonesia sampai ketika ini. Berikut Biografi RA Kartini, di antara pahlawan perempuan Indonesia yang patut diingat sepanjang masa.

Biografi RA Kartini
Nama pribumi : Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat
Nama familiar : Raden Adjeng Kartini
Tempat bermunculan : Jepara Jawa Tengah
Tanggal bermunculan : Senin, 21 April 1879
Zodiac : Taurus
Wafat : 17 September 1904, Kabupaten Rembang
Ayah : Raden mas Adipati Ario Sosroningrat
Ibu : M.A Ngasirah
Garis keturunan : Hamengkubuwono VI
Warga Negara : Indonesia
Agama : Islam
Pasangan : K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat
Anak : Soesalit Djojoadhiningrat
Dikenal sebab : emansipasi wanita
Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat adalahnama menyeluruh RA Kartini. Ia bermunculan pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Jepara, Jawa Tengah. Ayahnya mempunyai nama Raden mas Adipati Ario Sosroningrat yang adalahseorang bupati Jepara. Kartini ialah keturunan ningrat. Hal ini dapat dilihat dari silsilah keluarganya. Kartini ialah putri dari istri kesatu, namun bukan istri utama. Ibunya mempunyai nama M.A Ngasirah yang adalahputri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono yang adalahseorang guru agama di Telukawur, Jepara. Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini bisa dilacak hingga Hamengkubuwana VI.

Sudah tidak sedikit yang mengupas tentang pahlawan wanita dominan di Indonesia bahkan dunia yang satu ini. Ibu anda kartini memang menjadi di antara tokoh pahlawan perempuan yang fenomenal di tanah Jawa tepatnya berasal dari Jawa Tengah. Banyak pengarang menuturkan biografi RA Kartini dan mengisahkan perjalanan hidupnya yang menginspirasi. Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Sitisoemandari Soeroto dalam bukunya yang berjudul ‘Kartini : Sebuah Biografi’. Dalam kitab ini dijelaskan tentang silsilah family Kartini, sisi kehidupan yang menjadi saksi perjuangan melewati tulisannya yang penuh akan kritik penyetaraan gender, nasionalisme yang mengunggah hingga ke negeri Belanda. Daftar tulisan untuk sahabat – kawan penanya di Belanda atau surat – surat yang pernah ia bikin dirangkum Armijn Pane dalam sebuah kitab yang berjudul ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ yang pun menjadi di antara tema yang pernah ia tuliskan.

Keturunan Kartini ketika ini masih terdapat yang masih hidup dengan silsilah family Kartini. Perjalanan hidup Kartini hingga dengan kontroversi gelarnya yang menciptakan Indonesia pernah geger pada waktu tersebut memang masih menjadi tanda tanya dan membuat tidak sedikit orang masih tertarik dan hendak tahu terus bagaimana biografi RA Kartini sebagai pahlawan perempuan Indonesia. Karena tersebut film – film Kartini sampai ketika ini masih memiliki kisah – kisah baru dari babak profil dan biografi RA Kartini.

Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka


(0233) 8281236 | 085216667297

Tidak ada komentar:

Posting Komentar