Minggu, 20 Januari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-SEJARAH PIRAMIDA MESIR

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA
Sejarah Piramida Mesir –Proses Pembangunan dan Faktanya 
Hasil gambar untuk piramida
Piramida adalahsebuah bangunan berbentuk segitiga yang paling tinggi. Ada tidak sedikit kontroversi bertebaran menebak teknik pembuatan,destinasi dan dengan apa piramida dibangun. Mengingat masa-masa pembangunannya masih paling jauh dari kata modern. Tidak terdapat peralatan modern yang diketahui bermunculan di masa pembangunan piramida.

Beberapa teori tentang sejarah piramida Mesir mengakibatkan perdebatan tersendiri di kalangan semua ahli. Sampai-sampai ada tidak sedikit tenaga dan waktu eksklusif yang disumbangkan para berpengalaman untuk menguak misteri besar di balik sejarah piramida Mesir.

Piramida Mesir termasuk kelompok bangunan yang tinggi di dunia. Ketinggiannya bahkan melebihi elevasi patung di Amerika Serikat yang dikenal dalam sejarah berdirinya patung liberty. Sejarahnya pun paling sulit dikuak, tidak laksana sejarah pendirian tugu monas dan sejarah patung pancoran di Jakarta, Indonesia. Piramida Mesir bahkan sudah menjadi ikon nasional bangsa Mesir.

Mesir dikenal menjadi negeri pyramid sebab saking banyaknya jumlah pyramid yang terdapat di negara ini. Sebagian besar pyramid dari total jumlah 118 buah pyramid di bina di sepanjang sungai Nil. Peletakan pyramid di bantaran sungai Nil yang tergolong sungai terbesar dan terpanjang di dunia ini mengindikasikan betapa pentingnya peran sungai Nil dalam kehidupan penduduk Mesir semenjak sebelum Masehi sampai saat ini. Ketinggian piramida ini bahkan tak dapat diungguli oleh tekhnologi dari generasi setelahnya. Pertahanannya selama nyaris 40 abad menjadi bangunan tertinggi di dunia memaksa anda mengakui kemegahan kemajuan Mesir Kuno.  
Sejarah Piramida Mesir memiliki sejumlah golongan menurut besarnya ukuran bangunan. Dari ratusan piramida yang terdapat di Mesiri, 30 buah di antaranya termasuk pyramida besar. Di antara yang terbesar, ada suatu piramida raksasa yang menggemparkan dunia sebab keberadaannya mengurangi bumi sampai 12 kilo gram (kg) per centi meter (cm)nya. Bukan tersebut saja, piramida menakjubkan ini dapat disaksikan dari bulan di luar angkasa. Namanya piramida ini ialah Giza sebab dibangun di distrik Giza atau Gizeh.

Saat ini, Piramida Mesir telah menempati anggota 7 keganjilan dunia. Meskipun di negara lain sudah ditemukan sejumlah bangunan kuno yang berbentuk piramida sebagai peninggalan suku tertentu laksana bangsa Maya,tetapi piramida Mesir tetap menjadi bangunan antik yang menyimpan misteri di nyaris setiap bagiannya.

Piramida Khufu (Khufu Cheop’s) menjadi piramida sangat agung yangterdapat di perumahan piramida Giza. Kehebatannya dalam urusan bangunan yang paling akurat membuat tidak sedikit arsitek penasaran dengan prosespenciptaan piramida Khufu. Karenanya anda akan mengupas sejarah piramidasupaya tidak terdapat lagi penasaran yang menciptakan kitamengasumsikan kemungkinan mengherankan di balik sejarah piramida Mesir.

Kondisi Mesir di Masa Lalu

Sudah tidak sedikit para penyuka sejarah yang mengabdikan waktunya untukmenganalisis segala hal mengenai Mesir. Memang, merundingkan Mesir tidak akan menciptakan kita cepat bosan. Mulai dari situasi masyarakat Mesir Kuno yang menyembah semua Dewa, eksistensi dukun top level dunia yang sering menggali kekuatan gaib di dekat Sungai Nil, hinggakenyataan yang mengindikasikan Mesir sebagai negara Islam yang mengedepankan ilmu pengetahuan serta agama.

Bukti seluruh ini terdapat yang berupa lukisan, kisah lisan dan bangunan nyata. Contoh konkritnya, Di samping memiliki tidak sedikit situs kuno, Mesir pun mempunyai Universitas Al Azhar di ibukotanya, Kairo. Universitas ini didaulat sebagai di antara universitas berbobot |berbobot | berkualitas kesatu di dunia. Ia sudah melahirkan tidak sedikit cendekiawan muda. Di samping itu, Mesir pun mempunyai iklim politik yang tidak tidak jarang kali stabil.

Sejarah tentang piramida Mesir dibuka dari semua pembangunnya. Mesir menjadi wilayah tujuan semua penduduk kerajaan Poshi yang melarikan diri. Kerajaan ini sempat menjalankan pemerintahannya sekiran 20 abad berjalan. Semuanya dibuka sebelum penanggalan Masehi diberlakukan. Para imigran dari Kerajaan Poshi ini tidak banyak demi tidak banyak menggeser kebudayaan pribumi Mesir Kuno yang beraroma pagan.  
Masyarakat Mesir pada masa kuno masih paling percaya dengan roh semua leluhur dan kekuatan-kekuatan tak tampak lainnya. Setelah ditemui oleh bangsa Poshi itulah, Mesir mulai menerima tidak sedikit pengaruh luar. Tidak semuanya buruk, tetapi semua kerajaan yang mengejar Mesir tidak banyak demi tidak banyak menghilangkan jejak sejarah kerajaan Mesir Kuno asli. Hingga menciptakan para sejarawan sulit mencari sejarah piramida Mesir. Bangsa-bangsa itu antara beda Yunani dan Kerajaan-kerajaan Islam.   
Pembangunan Piramida
Penggalian kesatu
Meskipun diketahui sebagai suatu makam, tetapi penelitian tentang piramida Mesir belum pun berhenti. Penelitian yang terus menerus inikesudahannya membuahkan hasil memuaskan. Semakin tidak sedikit teori yang berkembang di kalangan semua sejarawan dan arkeolog dunia. Penelitian kesatu dibuka sejak masa pemerintahan Khalifah Al Ma’mun. Dari namanya saja dapat diprediksi bahwa ekskavasi ini dibuka sejak Mesir dipegang oleh dominasi Islam pada selama tahun 820 Masehi.

Ketika ekskavasi kesatu guna mendapatkan kenyataan sejarah beserta bukti otentiknya tidak berhasil  dilaksanakan, semua ilmuwan dunia mulaimenerbitkan pendapat-pendapat. Hasil riset yang sama sekali tidakmembawa harta karun kepunyaan Fir’aun sebagaimana yang dikenal dalamkisah masyarakat Mesir menciptakan para ilmuwan kecewa. Bahkan untuksebatas lukisan dinding sebagai jejak sejarah saja tidak terdapat di dalam piramida Mesir.

Awalnya mereka memandang harta karun Fir’aun telah dicopet oleh sekomplotan perampok harta karun yang paling cerdik. Namun ketika dicari rekayasa kronologinya, paling tidak masuk akal komplotan perampok tersebut memungut seluruh harta karun Fir’aun dan menghilangkan jejaknya sama sekali. Tidak masuk akal pula andai perampok itu sanggup menghapus relief dan lukisan di dinding di piramida.

Penggalian Kedua
Para ilmuwan yang memang telah memusatkan diri guna dunia sejarah Mesir tidak mudah menyerah. Mereka mengerjakan penggalian kedua demimenemukan bukti sejarah. Alasannya, mereka baru saja mengupayakan sekali. Kegagalan sangat barangkali terjadi di usaha yang kesatu. Mungkin saja piramida kesatu itu memang belum sempat dihuni jasad seorang Fir’aun, sampai-sampai kosong melompong.

Pada ekskavasi yang kedua ini, semua arkeolog yang berkolaborasi dalam satu kesebelasan peneliti sejarah Mesir dengan semua ilmuwan serta sejarawan dunia sukses mencapai satu tujuan kesatu. Mereka menemukantidak sedikit harta yang berlimpahan di dalam piramida Mesir. Namun mereka tidak memungut harta itu untuk memperkaya diri, mereka malah menyerahkannya ke pemerintah supaya menyimpannya dengan baik di dalam museum.

Komposisi
Piramida Mesir memang menjadi bangunan sangat sempurna yang pernah ada. Secara logika saja, orang biasa tidak bakal dapat menuntaskan bangunan setinggi tersebut dan bisa membuatnya bertahan sampai berabad-abad lamanya.  
Piramida Mesir di bina dari rangkaian vertikal batu granit dan sejumlah jenis batu lain sejumlah 3 juta buah dengan berat masing-masing buahnya 2,3 ton. Di samping itu, teknik meletakkannya mesti akurat. Sekali 4 titik pusat salah peletakan, maka tidak berhasil  sudah khayalan membangun piramida. Bangunan yang melenceng akan menciptakan konstruksi bangunan tidak seimbang. Dan andai bangunan tidak seimbang, paling tidakbarangkali ia bertahan utuh dalam ribuan tahun tanpa kehancuran yang berarti.

Namun tidak seluruh piramida disusun dengan teknik penyusunan sempurna. Beberapa piramida kecil di distrik Mesir sudah hancur sebagian. Hanya 30 piramida ukuran besar saja yang paling tepat menjadi destinasi penelitian semua ilmuwan sejarah yang penasaran dengan misteri piramida.

Tingkat toleransi konstruksi piramida Mesir paling akurat. Bapak arsitektur modern, William F sendiri mengakui kedahsyatan tekhnologi bangsa Mesir di masa lalu sebab ia sendiri belum dapat memastikan sanggup membuat bangunan canggih dengan tingkat pemantauan super tinggimenjangkau 3,8 cm atau 1,5 inchi saja.

Cara Pembangunan
Jadi piramida Mesir hanya diciptakan dari tumpukan batuan saja. Lalu tekhnologi apa yang dipakai sebagai perekat dan penjaga ketahanannyasekitar ribuan tahun masih menjadi misteri. Para sejarawan melulu dapat mengira-ngira teknik pembangunannya.

Seorang ilmuwan yang dijuluki Bapak Mesir Kuno modern mempunyai nama Jean Francois Champollion menjadi pengungkap teknik pembangunan piramida. Berdasarkan keterangan dari beliau, pembangunan piramida Mesir dilakukan oleh para insan raksasa yang berjumlah sekira 10 juta jiwa dengan lama waktu selama 23 tahun pembangunan. 10 tahun guna persiapan pembangunan dan perancangannya, saldo waktunya guna mengeksekusi pembangunan.

Pendapat dari Francois di atas didukung oleh seorang pembicara Islammempunyai nama Master Li Hongzhi dan Daniel Bonn yang datang dari University of Armsterdam, Belanda. Daniel Bonn menambahkan hasil risetnya yang diterbitkan oleh suatu jurnal mempunyai nama Physical Review Letter. Dia mengungkapkan bahwa teknik membawa bahan bangunan pyramid di tengah gurun pasir yang luas ditolong oleh suatu gerobak Mesir. Bagi meringankan beban berat batuan, mereka mengairi jalan yang akan dilewati gerobak dengan air. Kemudian air akan menciptakan tanah lebih mudahdilewati hingga beban gerobak lebih enteng 2 kali lipat.

Fakta Piramida Mesir

Di samping bangunan fisiknya yang sarat misteri, piramida Mesir pun membantu anda menguak kehormatan bangsa di dunia pada masa lalu. Orang-orang Mesir membina piramida tidak sembarangan. Mereka mempertimbangkansekian banyak  faktor di samping struktur bangunan.




Orang-orang yang menegakkan memasukkan perhitungan astronomis ke dalam pembangunan piramida Mesir. Karena orang pagan di masa kemudian memandang matahari memiliki status tinggi di kehidupan manusia. Mereka pun membina piramida sesudah menilai letak jaraknya dengan matahari. Bahkan piramida Giza dibangun menyusun sabuk orion dengan fakta bangunanmelulu menyimpang 0,1364 derajat saja dari sabuk orion.  
Kompas memang belum ditemukan sebelum Masehi. Dan kedahsyatan orang Mesir di masa lalu sukses membangun piramida yang ukuran sisi dasarnya berkorelasi dengan lingkaran bumi. Penyimpangan arah mata angin bangunan piramida melulu 1 per 12 derajat saja. Sehingga masih dapat dirasakan sejajar dengan arah mata angin yang berjumlah empat.

Sejarah perjalanan dibangunnya piramida Mesir sebagai makam semua Fir’aunmenciptakan tempat ini diisi harta kekayaan. Biasanya, semua Fir’aunbakal mengutuki dulu petinya sebelum ia benar-benar meninggal dunia. Kutukan ini bakal mencelakai orang yang memungut hartanya tanpa izin. Namun kenyataannya tidak sedikit kutukan yang tidak mempan. Akhirnya peletakan piramida yang seringkali di gurun pasir dipindah ke lembah sungai Nil. Para Fir’aun yang diawetkan di piramida lembah ialah para Fir’aun generasi akhir kejayaan Mesir Kuno. Seperti halnya Fir’aunTutankhamon yang familiar dengan kutukan manjurnya.
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka


(0233) 8281236 | 085216667297
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar