Rabu, 23 Januari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-KERAK TELOR


KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA

Setiap kota tentunya memiliki makanan khas masing-masing, yang tentu tidak sama baik rasa maupun karakteristik tersendiri dengan kota kota lain. Hal ini pun berlaku pada kota Jakarta, yaps kota Jakarta ialah ibu kota Indonesia, selain familiar dengan peradaban kota nya, kota Jakarta pun terkenal dengan makanan khas nya yakni kerak telor.

Sejarah singkat mengenai kerak telor yang belum di ketahui tidak sedikit orang
Kerak telor ialah makanan khas betawi yang tercipta dari bahan beras ketan putih telur ayam, ebim (udang kecil) dan bawang merah goreng yang nantinya diperbanyak bumbu halus laksana cabai merah, kencur, jahe, garam, gula pasir, merica butiran, dan suiran kelapa yang telah di sangrai.

Perlu diketahui kerak Telor telah ada semenjak zaman penjajahan Belanda. Semuanya bermula dari puluhan tahun yang lal, dimana makanan lezat yang satu ini terbuat secara tidak sengaja atau jajaki coba oleh sekawanan orang Betawi yang bermukim di wilayah Menteng ibukota Jakarta.

Pada waktu tersebut di Jakarta atau dulu dikenal dengan Batavia masih mempunyai tidak sedikit pohon kelapa yang tumbuh subur mengisi wilayah Batavia, disebabkan banyaknya pohon Kelapa masyarakat Betawi hendak memanfaatkan hasil dari buah Kelapa tersebut di samping diminum atau dibuat minyak saja.



Ada dua jenis Kerak Telor yang anda kenal sampai kini :

Kerak Telor Ayam : Terbuat dari Telor Ayam

Kerak Telor Bebek : Terbuat dari Telor Bebek

Bumbu dan toping nya sama saja yang membedakan melulu lah telor dan pastinya rasa dari masing masing telor nya saja.



Cara menciptakan kerak telor dengan mudah
Bahan bahan



200 gram beras ketan putih yang telah di bersihkan
500 ml air bersih
200 gram kelapa yang telah di parut, sangrai guna penabur atau toping
30 gram ebi udang, seduh, sangrai, dan haluskan
10 butir telur bebek
60 gram bawang merah, goreng kering guna toping
2 sendok santap minyak goreng guna menumis bumbu halus
Bawang merah goreng khusus guna taburan


Bumbu dihaluskan:



8 buah cabai merah keriting
1 sdt merica butiran
6 cm kencur
2 cm jahe


Cara menciptakan kerak telor betawi :

-Rendam beras ketan putih (yang sudah dimurnikan sebelumnya) di dalam air sekitar satu malam, tiriskan.

-Panaskan minyak sayur, tumis bumbu halus sampai tercium harum.

-Bubuhkan 3 sendok santap beras ketan putih pada wajan cekung yang telah panas. Siram dengan 5 sendok santap air redaman beras, biarkan sampai agak kering.

-siapkan lokasi dan kocok 2 butir telur bebek, 1 sendok teh bumbu halus yang telah ditumis, 1 sendok teh ebi, 1 sendok santap bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk.

-Siram gabungan tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk seraya ratakan dan atur ketebalannya dengan mengira-ngira. Tutup wajan sampai matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan hingga benar-benar matang.

-selesai, bermukim taburi toping dari kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan.



Simple saja teknik membuat nya, maka tidak heran andai sang penemu kerak telor dengan tidak sengaja mengejar makanan yang paling populer ini, nah andai kamu berangjangsana ke Jakarta anda dapat mengejar makanan ini dengan mudah,apa lagi andai kamu berangjangsana ke monas (monument nasional) disitu terdapat tidak sedikit makanan khas Jakarta tidak saja kerak telor saja, misal makanan khas Jakarta beda nya yakni bir pletok, soto betawi, dan beda lain.



Ayo datang kejakarta dan rasakan makanan khas nya yang tidak barangkali sama rasanya dengan kota kota lain, ajak rekan keluarga pacar kawan atau kerabat untuk berangjangsana ke Jakarta.

Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka


(0233) 8281236 | 085216667297

Tidak ada komentar:

Posting Komentar