Jumat, 18 Januari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA
Alat Musik Tradisional Indonesia
NKRI ialah* sebuah negara yang mencakup* ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai* Merauke, dimana dari sekian banyaknya kepulauan beserta masyarakatnya itu* lahir, tumbuh dan berkembang sekian banyak * budaya daerah. Seni tradisional yang adalah*jati diri, identitas dan media ekspresi dari masyarakat pendukungnya.

Hampir semua* wilayah NKRI memiliki* seni musik tradisional yang eksklusif* dan khas. Dari keanehan* tersebut dapat* nampak tampak* dari kiat* permainannya, penyajiannya maupun bentuk/organologi instrumen musiknya. Seni tradisonal tersebut* sendiri memiliki* semangat kolektivitas yang tinggi, sampai-sampai* dapat dikenali karakter dan karakteristik* masyarakat Indonesia, yakni* yang familiar* ramah dan santun.

Untuk lebih mengenal lebih dekat musik tradisional saya dan anda bisa* dikategorikan menjadi sejumlah* kelompok yakni* :

1. Instrumen Musik Perkusi.

Perkusi ialah* sebutan untuk* semua instrumen musik yang kiat* permainannya di pukul, baik memakai* tangan maupun stik. Dalam urusan* ini sejumlah* instrumen musik yang termasuk* dalam perangkat* musik perkusi ialah* Gamelan, Kendang, Kecapi, Arumba, Talempong, Sampek dan Kolintang, Rebana, Bedung, Jimbe dan beda* sebagainya.

a. Gamelan ialah* alat musik yang tercipta* dari bahan logam, gamelan berasal dari wilayah* Jawa tengah, Yogyakarta, Jawa Timur pun* di Jawa Barat dinamakan* dengan Degung dan di Bali dinamakan* Gamelan Bali. Satu perlengkapan* gamelan terdiri dari instrumen saron, demung, gong, kenong, slentem, bonang, peking, gender dan sejumlah* instrumen lainnya. Disamping tersebut* gamelan memiliki* nada pentatonis/pentatonic.

b. Kendang ialah* sejenis perangkat* musik perkusi yang membrannya berasal dari kulit fauna* (kambing). Kendang atau gendang bisa* dijumpai di tidak sedikit* wilayah Indonesia. Di wilayah* Jawa Barat kendang memiliki* peranan urgen* dalam tarian Jaipong. Di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali kendang selalu dipakai* dalam permainan gamelan baik guna* mengiringi tarian, wayang dan ketoprak. Tifa ialah* alat musik sejenis kendang yang bisa* di jumpai di wilayah* Papua, Maluku dan Nias. Rebana ialah* jenis perangkat* musik yang biasa di pakai* dalam kesenian yang bernafaskan Islam. rebana bisa* dijumpai nyaris* di sebagian distrik* Indonesia.

c. Kecapi ialah* alat musik petik yang berasal dari daerh Jawa Barat. Bentuk organologi kecapi ialah* sebuah kotak kayu yang diatasnya berderet* dawai/senar, kotak kayu tersebut bermanfaat* sebagai resonatornya. Alat musik yang serupa** kecapi ialah* siter dari Jawa Tengah.

d. Arumba (alunan rumpun bambu) berasal dari daereah Jawa Barat. Arumba ialah* alat musik yang tercipta* dari bahan bambu yang di mainkan dengan melodis dan ritmis. Pad tadinya* arumba memakai* tangga nada pentatonis tetapi* dalam perkembangannya memakai* tangga nada diatonis.

e. Talempong ialah* seni musik tradisi dari Minangkabau. Talempong ialah* alat musik bernada diatonis (do, re, mi, fa, sol, la, si, do).

f. Sampek (sampe/sapek) adlah perangkat* musik yang bentuknya serupa** gitar berasal dari wilayah* Kalimantan. Alat musik ini tercipta* dari bahan kayu yang diisi* dengan ornamen/ukiran yang indah. Alat musik petik lainnya yang bentuknya serupa** sampek ialah* Hapetan dari wilayah* Tapanuli, Jungga dari Sulawesi Selatan.

g. Kolintang atau kulintang berasal dari wilayah* Minahasa. Alat musik ini memiliki* tangga nada diatonis yang seluruh* instrumennya terdiri dari bas, melodis dan ritmis. Bahan dasar diciptakan* dari kayu dan teknik* untuk memainkan perangkat* musik ini di pukul dengan memakai* stik.

h. Sasando ialah* alat musik petik berasal dari wilayah* Nusa Tenggara Timur, kecapi ini tercipta* dari bambu dengan diberi dawai/senar sementara* untuk resonasinya dibikin* dari anyaman daun lontar yang mempunyai format* setengah bulatan.

2. Instrumen Musik Gesek.

Instrumen musik tradisional yang memakai* teknik permainan digesek ialah* Rebab. Rebab berasal dari wilayah* Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta (kesenian betawi). Rebab tercipta* dari bahan kayu dan resonatornya diblokir* dengan kulit tipis, memiliki* dua buah senar/dawai dan memiliki* tangga nada pentatonis. Instrumen musik tradisional lainnya yang mempunyai format* seperti rebab ialah* Ohyan yang resonatornya tercipta* dari tempurung kelapa. Rebab jenis ini bisa* dijumpai di Bali, Jawa dan Kalimantan Selatan.

3. Instrumen Musik Tiup.

Suling ialah* instrumen musik tiup yang tercipta* dari bambu nyaris* semua wilayah* di Indonesia bisa* dijumpai perangkat* musik ini. Saluang ialah* alat musik tiup dari Sumatera Barat, serunai bisa* dijumpai di Sumatera Utara, Kalimantan. Suling Lembang berasal dari wilayah* Toraja yang memiliki* panjang antara 40 – 100 cm dengan garis tengah 2 cm.

Tarompet, serompet, selompret ialah* jenis perangkat* musik tiup yang memiliki* 4 – 6 lubang nada dan bagian guna* meniupnya berbentuk corong. Seni musik tradisional yang memakai* alat musik laksana* ini ialah* kesenian rakyat Tapanuli, Jawa Barat, Jawa Timur, Madura dan Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar