Minggu, 20 Januari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-SEJARAH MENARA EIFFEL

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA
Sejarah Berdirinya Bangunan Menara Eiffel Prancis - Kisah Tragis dan Fakta Menarik dibalik Menara Eiffel Paris Perancis
Menara Eiffel (bahasa Perancis: Tour Eiffel) adalahsebuah menara besi yang di bangun di Champ de Mars di ambang Sungai Seine di Paris. Menara ini sudah menjadi ikon global Perancis dan di antara struktur familiar di dunia.

Sejarah Pembuatan Menara Eiffel

Struktur ini di bina antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel sebetulnya berencana membina menara di Baecelona, guna Pameran Universal 1888, tapi semua pihak yang bertanggung jawab di balai Kota Barcelona memandangnya mengherankan dan mahal, dan tidak sesuai dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim drafnya untuk pihak yang bertanggung jawab guna Pameran Universal di Paris, dimana ia membina menaranya satu tahun kemudian, yakni pada tahun 1889. Menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889, dan dimulai tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bareng 18.083 unsur besi benam (bentuk murni dari besi struktural), memakai dua separuh juta paku, dalam format struktural oleh Maurice Koechelin. Resiko kemalangan sangat besar, guna pencakar langit canggih yang tak biasa menara ini tersingkap tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi sebab Eiffel memungut sikap hati-hati, termasuk pemakaian takal bergerak, rel tolong dan layar, dan dalam urusan ini melulu satu yang meninggal.
Sejarah Pembuatan Menara Eiffel


Kisah Tragis di Balik Romantisme Menara Eiffel
PARIS - Menara Eiffel tidak melulu menyimpan cerita romantis dalam hari-harinya menghiasi Kota Paris. Ikon Ibu Kota Prancis ini ternyata pun menyimpan cerita tragis.

Satuan Keamanan Paris sejumlah hari lalu mengawal ketat Menara Eiffel sesudah seorang turis naik ke puncak menara lantas melompat sampai tewas. Korban berusia 25 tahun dan diperkirakan bunuh diri.

Setelah dicari lebih lanjut, ternyata korban ialah turis asal Israel, yang tampak di lokasi Menara Eiffel semenjak Minggu malam. Polisi mengevakuasi dan memblokir Menara Eiffel sesudah melihatnya naik ke menara setinggi 1.603 kaki itu pada pukul 23.30 masa-masa setempat.

Pria tersebut melalaikan peringatan polisi dan terus memanjat sampai ke puncak menara. Dia tetap sedang di sana sampai Senin pagi, dimana polisi dan jajaran pemadam kebakaran turut membujuknya turun. Akhirnya, lelaki tersebut loncat dari puncak Menara Eiffel, jatuh di lantai kedua menara tersebut, kemudian tewas seketika.

Manajemen Menara Eiffel mengakui ini bukan kali kesatu Menara Eiffel dijadikan tempat bunuh diri. Mereka menuliskan sudah memerketat pengamanan dan meningkatkan jaring pengaman untuk menangkal hal ini terjadi. Demikian seperti dikutip Dailymail, Rabu (27/6/2012).

Berdasarkan keterangan dari catatan, ketika ini telah ada 341 permasalahan bunuh diri di Menara Eiffel. Kasus kematian kesatu terjadi pada 1911, ketika seorang penjahit, Frantz Reichelt, tewas saat mencoba jubah yang dia yakini dapat membuatnya terbang.

Menara ini mendapat sekian banyak  kritik dari masyarakat saat di bangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian diisi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris.

Eiffel mempunyai izin berdiri menara sekitar 20 tahun, yang berarti mesti dirombak tahun 1909, saat kepemilikannya di berikan kepada Kota Paris. Kota sudah berencana meruntuhkannya (bagian dari ketentuan kontes asli guna merancang menara yang gampang di runtuhkan) tapi sesudah menara ini terbukti menyebabkan untung dari sisi komunikasi, menara ini tidak dipedulikan berdiri sesudah izin itu kadaluwarsa. Sebagai contoh, Militer menggunakannya untuk menata taksi Paris di garis depan sekitar Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monomen kemenangan pertempuran.
Sejarah Pembuatan Menara Eiffel

Bangunan yang tertinggi di Perancis dan menjadi simbol untuk negara itu, "Menara Eiffel" atau lebih diberi jolokan "Menara besi" kerana nyaris keseluruhannya bahan binaannya ialah daripada besi. Dibina oleh jurutera hebat yang mempunyai nama "Gustave Eiffel", Menara Eiffel mendapat namanya dari pembuatnya untuk mengenang jasa beliau. Keunikan monumen ini telah mempesona mata dunia dan sudah mengamit ramai pelawat hingga disebutkan Menara yang tidak jarang dikunjungi di dunia iaitu sejumlah 6,428,441 pelawat dan lebih 200 juta semenjak ia siap dibina.

Dibuka dengan rasminya pada 31 Mac 1889, Menara Eiffel yang memiliki elevasi 300 meter (1,063 kaki) dan diatasnya ada 'Antena Televisyen' setinggi 24 m ini memungut masa 2 tahun guna disiapkan. Selain dipakai untuk perlancongan Menara Eiffel pun dijadikan Menara Pemerhati. Memiliki 3 lif iaitu di aras bawah, tengah dan atas.

FAKTA MENARIK "MENARA EIFFEL"
Lif memang dibutuhkan untuk bangunan setinggi ini guna membawa pelawat ke atas dan ke bawah. Tahukah kamu semua lif Menara Eiffel ini andai dihitung jumlah manfaat tahunannya ialah bersamaan dengan 2 separuh kali mengelilingi dunia atau lebih daripada 103,000 km.
Menara ini bergoyang sedikit bilamana hari berangin.Tetapi pada tahun 1999, kejadian bentrok telah mengakibatkan ia bergerak 13 sm dari status asalnya. Malah matahari pun boleh mengakibatkan menara ini condong sampai-sampai 18 sm.
Menara besi ini juga dibutuhkan belaian. Ia dicat semula masing-masing 7 tahun, namun bukanlah sebarang cat yang digunakan. Selepas menjalani sesi pembicaraan yang serius, warna tembaga dengan variasi 3 tona sudah dipilih kerana kombinasi 3 warna yang berbeza ini dirasakan berpadanan dengan warna lagit Paris.
Sewaktu pendahuluan rasmi Menara Eiffel, juruteranya "Gustave Eiffel" memanjat semua 1,710 anak tangga ke puncak menara guna memacakkan sendiri bendera Perancis.



Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka


(0233) 8281236 | 085216667297

Tidak ada komentar:

Posting Komentar