Jumat, 18 Januari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-Sejarah Alat Musik Angklung Jawa Barat

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA
Sejarah Alat Musik Angklung Jawa Barat
Hasil gambar untuk artikel tentang alat musik tradisional indonesia angklung
Berada di dalam sebuah band dan memainkan di antara alat musik ialah impian banyak sekali orang muda. Apalagi di era milenial laksana ini, begitu gampang untuk seseorang menjadi dikenal oleh tidak sedikit orang, lagipula jika orang itu memiliki kemahiran di bidang seni. Siapa yang tidak menyenangi musik yang bagus? Posisi angklung sebagai perangkat musik mulai tersisihkan dengan adanya perangkat musik yang modern. Padahal angklung adalahsalah satu warisan bangsa yang mesti dipertahankan dan dilestarikan oleh bangsa Indonesia sendiri. Bagi meningkatkan kerinduan anak bangsa dengan perangkat musik angklung pemerintah menjadikan angklung sebagai di antara mata latihan di sejumlah sekolah di Jawa Barat. Bukan melulu itu, pemerintah bahkan memakai gambar perangkat musik angklung di duit logam 1.000 rupiah supaya anak muda zaman sekarang memahami bahwa bangsa Indonesia mempunyai alat musik yang bisa dibanggakan.

Sejarah Alat Musik Angklung

Sejarah angklung sangatlah urgen untuk dipelajari sebab dengan memahami sejarah dibalik terciptanya angklung sebagai perangkat musik, dapat menambah rasa kagum dan bangga bakal warisan kebiasaan Indonesia yang satu ini. Yuk simak bagaimana mula mula terbuat angklung hingga dengan perkembangannya ketika ini.

Pengertian Angklung

Kata “angklung” sendiri berasal dari 2 kata dari bahasa Sunda, yakni “angkleung-angkleung” yang berarti diapung-apung dan “klung” yang adalahsuara yang didapatkan oleh perangkat musik tersebut. Dengan kata beda angklung berarti suara “klung” yang didapatkan dengan teknik mengusung atau mengapung-apungkan perangkat musik itu. Ada teori beda yang menuliskan bahwa angklung berasal dari 2 kata dalam bahasa Bali, yakni “angka” yang berarti nada dan “lung” yang berarti hilang. Sehingga angklung dapat ditafsirkan sebagai nada yang hilang.

Angklung adalahalat musik berasal dari Jawa Barat yang tercipta dari sejumlah pipa bambu dengan sekian banyak  ukuran yang dilekatkan pada suatu bingkai bambu. Cara memainkan perangkat musik angklung ialah satu tangan memegang unsur atas angklung dan tangan beda memegang unsur bawah dari segi lain angklung itu lalu menggoyangkannya. Hal ini mengakibatkan pipa-pipa bambu yang merangkai angklung saling berbenturan menghasilkan sebuah bunyi tertentu. Setiap satu perangkat musik angklung melulu menghasilkan satu nada. Berbeda ukuran angklung yang digetarkan atau digoyangkan menghasilkan nada yang bertolak belakang pula. Oleh sebab itu, dibutuhkan sejumlah pemain angklung guna menghasilkan melodi yang estetis untuk didengar. Seorang pemain angklung bisa memainkan 2 atau 3 buah perangkat musik angklung.

Baca juga:

Sejarah Sumpah Pemuda
Asal-usul Nusantara
Sejarah Demokrasi di Dunia
Pada abad ke 12 hingga abad ke 16 ada Kerajaan Sunda di Nusantara, diduga pada ketika itulah mula dari sejarah angklung. Saat tersebut rakyat dari Kerajaan Sunda meyakini bahwa dengan memainkan perangkat musik angklung dapat mengasyikkan Nyai Sri Pohaci. Nyai Sri Pohaci sendiri diandalkan  sebagai dewi kesuburan untuk rakyat Kerajaan Sunda. Nyai Sri Pohaci yang terpikat dengan buaian alat musik yang tercipta dari bambu tersebut akan turun dan menciptakan tanah semua rakyat menjadi subur dan menghasilkan tumbuhan apapun yang ditanam oleh rakyat ketika itu.

Selain guna “mengundang” Nyai Sri Pohaci, angklung pun dipakai untuk membangunkan semangat semua prajurit yang berperang. Oleh sebab itu, pemerintah Hindia Belanda pernah tidak mengizinkan alat musik ini guna dimainkan. Larangan keras dari pemerintah Hindia Belanda menciptakan pemain angklung semakin berkurang.

Perkembangan Alat Musik Angklung
Permainan angklung tidak jarang kali ada di masing-masing acara perayaan panen sebagai persembahan guna Nyi Sri Pohaci. Seiring berjalanya waktu, permainan angklung dijadikan sebagai arak-arakan masing-masing kali terdapat perayaan di tanah. Bahkan perangkat musik angklung bisa menyebar tidak melulu di Jawa tapi hingga ke semua dunia. Pada mula abad ke 20, Thailand mengadopsi perangkat musik angklung sebagai tujuan kebudayaan antara Thailand dan Indonesia. Bahkan angklung Buncis Sukaejo dapat didatangi di The Evergreen Stage Collage, suatu universitas di Amerika Serikat.

Udjo Ngalagena yang dikenal sebagai figur yang mengembangkan kiat angklung mengajarkan teknik memainkan angklung pada tidak sedikit orang. Beliau pun membina Saung Angklung Udjo di Bandung supaya semakin tidak sedikit orang yang memahami sejarah angklung dan seluk-beluknya. Sekarang Saung Angklung Udjo menjadi di antara tempat wisata di Bandung di mana masing-masing pengunjungnya dapat menyaksikan sendiri proses penciptaan sebuah angklung hingga aksi panggung yang dipentaskan masing-masing minggunya.

Jenis-Jenis Angklung
Alat musik angklung yang berkembang menghasilkan sejumlah jenis angklung baru yang menciptakan alat musik angklung semakin beragam. Berikut ini ialah jenis-jenis perangkat musik angklung:

1. Angklung Kanekes

Angklung Kanekes berasal dari Baduy. Permainan angklung kanekes sering diperlihatkan pada ketika upacara menempatkan padi. Karena adanya ritual tertentu saat penciptaan angklung Kanekes, maka yang dapat menciptakan angklung Kanekes hanyalah orang dari suku Baduy Dalam saja.

2. Angklung Reog

Angklung yang memiliki karakteristik suara yang keras ini dimainkan guna mengiringi tarian Reog Ponorogo, suatu tarian khas Jawa Timur.

3. Angklung Banyuwangi

Nada Angklung yang dinamakan Caruk di Bayuwangi ini menghasilkan nada-nada khas kebudayaan Banyuwangi.

4. Angklung Bali

Sedangkan di Bali, angklungnya merupai calung dan diberi nama Rindik.

5. Angklung Dogdog Lojor

Angklung ini diberi nama Dogdog Lojor sebab adalahsalah stau perangkat musik yang dimainkan dalam kesenian Dogdog Lojor. Dogodog Lojor sendiri adalahsebuah kesenian yang dilaksanakan oleh masyarakat Banten Kidul untuk memuliakan padi.

6. Angklung Gubrag

Angklung Gubrag berasal dari Bogor, dimainkan guna mengiringi acara panen padi. Berdasarkan keterangan dari sejarah angklung, angklung ini tergolong angklung yang telah tua.

7. Angklung Badeng

Angklung ini berasal dari wilayah Garut. Dulu biasa dipakai untuk mengiringi dakwah Islam.

8. Angklung Buncis

Angklung Buncis biasa dipakai untuk kesenian hiburan, berkembang di wilayah Baros, kabupaten Bandung.

9. Angklung Badud

Angklung Badud dipakai untuk mengarak pengantin sunat, berasal dari wilayah Tasikmalaya.

10. Angklung Bungko

Angklung Bungko dipakai untuk mengiri tarian Bungko, tarian yang mencerminkan kemenangan atas pertempuran berasal dari Cirebon.

11. Angklung Padaeng

Jika angklung pada lazimnya memainkan nada pentatonik, angklung Padaeng ini dapat memainkan nada diatonik. Angklung ini diluncurkan oleh Daeng Soetigna. Angklung Padaeng yang menggunakan nada bulat saja dinamakan angklung Sarinande.

12. Angklung Toel

Angklung ini dibuat oleh Yayan Udjo. Angklung ini dapat dimainkan oleh satu pemain saja.

13. Angklung Sir Murni

Angklung ini digagas oleh Eko Mursito Budi guna robot angklung.

Angklung Di Mata Dunia
Pada 2008 ada 11.000 pemain angklung di Jakarta dan 5.000 pemain angklung di Washington DC dan memecahkan rekor terbaru ketika itu. Sejak November 2010, UNESCO sudah menulis angklung sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia. Pada Konferensi Asia-Afrika (KAA) April 2015 sejumlah 20.704 orang berkumpul bersama-sama di Stadiun Siliwangi Bandung guna memainkan lagu “I Will Survive” dan “We Are The World” dengan memakai alat musik angklung. 4.117 di antaranya ialah anak berkebutuhan khusus. Sejarah angklung sudah berubah dari yang tadinya melulu diperdengarkan di wilayah Sunda kini seluruh dunia telah mengenal musik angklung.

Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka


(0233) 8281236 | 085216667297

Tidak ada komentar:

Posting Komentar