Minggu, 10 Februari 2019

KURSUS KOMPUTER MAJALENGKA-LAYANAN JARINGAN

KURSUS MENGEMUDI MAJALENGKA

Pada peluang kali ini yang bakal menjadi pembahasan ialah tentang definisi network dan apa tersebut network service. Materi ini barangkali sangat penting untuk para pelajar yang memungut jurusan kiat komputer dan jaringan serta teknisi jaringan. Mengapa? Karena ini ialah sebagai informasi atau pengetahuan yang mesti diketahui untuk para pemakai layanan jaringan komputer. Oke, guna selebihnya akan diterangkan dibawah!

layanan jaringan komputer (network service)

Layanan Jaringan / Network Service
Pengertian Jaringan Komputer (Network)
Jaringan komputer (Network) ialah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perlengkapan komputer ekstra serta perlengkapan jaringan lainnya laksana kabel, switch, HUB, router, dll. Yang dimana semua tersebut nantinya bakal saling terhubung dengan memakai media tertentu dengan aturan yang sama dan bekerja bersama-sama untuk menjangkau suatu destinasi yang sama.

Kemudian untuk destinasi dari jaringan komputer inilah ini :
1. Pembagian sumber daya : Yaitu berbagi pemakaian printer, CPU, memori, dan harddisk.
2. Komunikasi : Surat elektronik, instant messaging, dan chatting.
3. Akses informasi : Web browsing.
4. Membantu menjaga informasi supaya tetap handal dan tidak jarang kali update.
5. Sistem penyimpanan data terpusat ataupun terdistribusi yang dikelola dengan baik memungkinkan tidak sedikit pemakai mengaskses data dari sekian banyak  lokasi yang berbeda, dan memberi batas akses ke data sewaktu sedang diproses.

Agar dapat menjangkau tujuan yang sama, masing-masing bagian dari jaringan komputer bakal meminta dan menyerahkan layanan (service). Pihak yang meminta layanan dinamakan klien (client) dan yang menyerahkan layanan dinamakan pelayan (server). Arsitektur ini dinamakan dengan sistem client-server, dan dipakai pada nyaris seluruh software jaringan komputer.

Ada 3 macam jenis Jaringan/ Network yakni :
1. Local Area Network (LAN)/ Jaringan Area Lokal
Local Area Network (LAN) ialah sebuah jaringan yang diberi batas oleh lokasi yang relatif kecil. Pada umumnya diberi batas oleh lokasi lingkungan seperti suatu perkantoran dalam suatu gedung atau sekolah, dan seringkali tidak lebih dari selama 1 km persegi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)/ Jaringan lokasi Metropolitan
Metropolitan Area Network (MAN) seringkali meliputi lokasi yang lebih banyak dari LAN, contohnya antar distrik dalam satu propinsi. Dalam urusan ini jaringan menghubungkan sejumlah buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan lokasi yang lebih besar. Sebagai misal yaitu : jaringan Bank dimana sejumlah kantor cabang suatu bank di dalam suatu kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.

3. Wide Area Network (WAN) / Jaringan lokasi Skala Besar
Wide Area Networks (WAN) ialah jaringan yang lingkupnya seringkali sudah memakai sarana Satelit ataupun kabel bawah laut. Sebagai misal keseluruhan jaringan sebuah bank yang terdapat di Indonesia ataupun yang terdapat di negara-negara lain memakai sarana WAN guna saling terhubung. Biasanya WAN lumayan rumit dan paling kompleks sekali, dan selain tersebut juga menggunakan tidak sedikit sarana guna menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global laksana Internet.

Tapi bagaimanapun pun antara LAN, MAN dan WAN tidak tidak sedikit berbeda dalam sejumlah hal, melulu lingkup areanya saja yang bertolak belakang satu diantara yang lainnya.

Apa tersebut Internet? Jadi, Internet ialah salah satu misal jaringan nyata di dunia, internet merupakan campuran dari jaringan-jaringan kecil yang terdapat di dunia yang bergabung menjadi satu jaringan yang besar di dunia. Selama sobat microcyber2.com terkoneksi ke jaringan besar internet, maka sobat dapat mengambil guna darinya.

Beberapa software utama jaringan internet :
1. Electronic Mail, memungkinkan kita guna saling berkirim surat dengan rekan di suluruh dunia.
2. Web, dengan web bakal memungkinkan pemungutan informasi yang anda perlukan yang disharing oleh orang-orang yang terdapat di dunia.
3. Electronic Conference, memungkinkan mengerjakan rapat dengan sejawat yang terdapat dimanapun.
4. File Transfer, mengerjakan pengiriman file.
5. Remote Komputer, dapat menjalankan komputer dari jarak jauh.
6. Database Akses, mengakses database dari jarak jauh, dll.

jaringan komputer

Susunan Lapisan Network
Aturan dari lapisan jaringan untk tiap-tiap End System ialah untuk menyusun hubungan end to end. Bisa jadi hubungan ini berbentuk CON atau CLNS. Dalam kedua format tersebut, NS_user akan bersangkutan tidak peduli berapa tidak sedikit tipe jaringan yang terlibat. Bagi itu dibutuhkan router. Untuk menjangkau tujuan interkloneksi yang demikian ini, maka cocok model referensi OSI, lapisan network tiap-tiap ES dan IS tidak melulu terdiri dari suatu protokol tetapi sangat tidak tiga (sublayer) protokol. Masing-masing protokol ini akan menyusun aturan yang menyeluruh dalam sistem pelayanan antar lapisan jaringan.

Dalam terminologi ISO, setiap jaringan yang membina internet yang dikenal sebagai subnet, memliki tiga protokol urgen yaitu :
– Subnetwork independent convergence Protocol (SNICP)
– Subnetwork dependent convergence protocol (SNDCP)
– Subnetwork dependent access protocol (SNDAP)

Itulah pengertian menyeluruh dan singkat tentang definisi layanan jaringan komputer beserta sususan jaringan komputer. Semoga tulisan diatas bisa menjadi manfaat untuk sobat semua.


Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka


(0233) 8281236 | 085216667297

Tidak ada komentar:

Posting Komentar