Jumat, 01 Maret 2019

makanan nusantara gudeg jogja

makanan nusantara

Jika kamu orang Indonesia terutama orang jawa tentu sudah tau yang namanya masakan Gudeg Jogja. Masakan ini lumayan unik namun nikmat, bahan dasar gudeg (Gudheg – bahasa jawa) dari buah nangka yang masih benar benar muda jadi tidak mendekati tua dan tidak boleh terlalu muda dan yang lebih urgen lagi santan kelapa tidak boleh yang instan jadi benar benar pribumi dari kelapa tua, dari santan kelapa yang tua berikut rasa gurih-nya dapat tercipta sampai-sampai rasanya lebih sempurna. Sayur Gudeg seringkali di lengkapi kerupuk kerecek bila dalam bahasa sunda kerupuk dorogdog yakni kerupuk yang berasal dari kulit sapi yang asli, karakteristik kerupuk-nya seringkali berbentuk agak melingkar (keriting) jadi bukan yang bergelembung dan lurus itu. Di samping kerupuk krecek seringkali ada masakan tempe bacem, dan opor ayam dan tahu (harus tahu putih).

Sayur Gudeg ini sesuai di santap dalam segala situasi dan suasana, pagi hari enak guna sarapan, siang hari juga sesuai dengan cuaca panas dengan sambel yang pedas, lagipula malam hari wah…lebih sesuai sambil nongkrong di pinggir trotoar kota Jogjakarta. saya sendiri bila lagi gak nafsu santap atau lagi sakit tanya dulu nih perut enaknya di isi apa sayur yang enak dan tidak eNeg sambil menginginkan semua masakan opsi terakhir ya Gudeg Jogja. Masakan Gudeg Jogja kini sudah tidak sedikit bertebaran di kota lain, jadi tidak mesti jauh jauh ke kota Jogjakarta, saya sendiri sekarang mukim di bandung bila cari gudeg pun sudah ada dipasarkan sepanjang jalan Sukarno-Hatta seberang Lotte Mart (dulu Macro) atau pasar Margahayu raya belakang Rm Ampera. Disitu Gudegnya enak dan tidak eNeg, tidak terlampau manis, dan dimasak kering.

Cara Membuat Gudeg Jogja Enak Dan Tidak eNeg
Dalam penyajiannya, gudeg memiliki sejumlah varian masakan laksana gudeg kering yang disajikan dengan areh (kuah) kental yang mempunyai tekstur kental melebihi santan pada masakan padang, gudeg basah yang disajikan dengan areh encer, dan gudeg solo yang bercirikan putih pada warna areh-nya. Dan kali ini saya bakal berbagi resep gudeg Jogja kering supaya tidak eNeg guna kuah-nya dapat di ambil dari sayur tahu opor ayam. Ok ayo kita kumpulkan bahanya beserta pelenglapnay yakni Krecek, sambal, opor ayam, tahu dan sambal goreng…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar