Jumat, 01 Maret 2019

kuliner indonesia 7 Kuliner Khas Manado

kuliner indonesia

Kota Manado dikenal memiliki objek-objek wisata yang paling indah. Karena itu, tidak sedikit sekali pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri yang berduyun-duyun datang ke kota yang satu ini.


Saat mendengar kota Manado, barangkali benak kamu langsung terlintas mengenai taman laut Bunaken dan Monumen Yesus Memberkati, sebagai objek wisata sangat iconic di Manado.

Namun, dari sekian tidak sedikit hal yang dicari, anda wajib mengupayakan kuliner khas Manado yang dijamin akan membuat anda ketagihan. Berikut ini ialah 7 makanan khas Manado yang mesti anda coba saat berangjangsana ke Manado.

1. Tinutuan (Bubur Manado)

Tinutuan atau bubur Manado adalahmakanan yang khas dari Manado yang tak melulu di kenal di Manado, tetapi pun terkenal di semua Indonesia.

Makanan ini tidak jarang disebut makanan yang paling sehat sebab komposisinya yang berisi tidak sedikit sayur dan zat baik yang bermanfaat untuk tubuh. Biasanya tinutuan disajikan bareng ikan, ragam gorengan, sambal, dan pelengkap lainnya.


2. Cakalang Fufu Saos

Cakalang fufu ialah ikan khas Manado yang paling enak. Cakalang pun diketahui adalahjenis ikan yang tidak melulu enak, namun juga tidak sedikit manfaat untuk tubuh kita. Kandungan cakalang diketahui dapat untuk meningkatkan kepintaran dan daya ingat benak serta menolong pemulihan depresi.

Cakalang saos ini adalahmakanan khas Manado yang bercita rasa pedas dan kaya bakal bumbu. Saos yang dicampurkan serupa seperti bumbu balado.

3. Ikan Woku


Makanan yang satu ini pun kaya bakal bumbu. Biasanya, woku dapat dimasak dengan sekian banyak  jenis ikan cocok dengan selera. Jenis ikan yang sering digunakan dalam masakan ini ialah tuna, cakalang dan mujair.

Rasa bumbu woku paling kaya bakal rempah laksana sereh, daun lemon, kemangi, kunyit, dll, sampai-sampai kamu akan ketagihan.


4. Sambal Roa

Dari bermacam-macam sambal yang ada, sambal roa ialah sambal khas Manado yang sangat terkenal dan laris ketika dijual. Biasanya sambal roa dihidangkan dengan sekian banyak  jenis makanan ataupun gorengan. Bahkan tidak sedikit orang pun memakan sambal roa melulu dengan seporsi nasi panas.

Sambal roa sendiri diciptakan dari ikan roa yang sudah di asap dan dijemur berhari-hari hingga kering, lantas dihaluskan dan dibaur dengan bumbu sambal racikan khas Manado. Dijamin sulit lupa deh sama Manado!

5. Pisang Goroho Goreng

Mungkin kamu tidak sedikit menjumpai pisang goreng yang pada umumnya dicukur seperti jari-jari dan dilabur tepung. Tetapi, anda hanya dapat menemukan pisang goreng dari pisang jenis goroho di Manado. Rasa dari pisang goroho paling enak.

Pisang ini digoreng dengan irisan yang tipis sampai-sampai gurih guna dimakan. Kamu juga dapat makan pisang ini dengan mencelupkannya kedalam sambal roa atau jenis sambal lainnya. Lebih nikmat lagi andai pisang goroho ini disajikan dengan segelas teh atau kopi.

6. Klapertart

Makanan yang satu ini adalahjenis dessert familiar khas Manado. Bahan dasar klapertart ialah kelapa muda yang masih fresh kemudian dibaur dengan kismis, keju, kenari dan bahan adonan lainnya. Tekstur dari klapertart paling kental dan cita rasanya yang creamy dapat membuat kamu ketagihan.

7. Gohu

Gohu adalahasinan buah yang sangat disukai oleh orang Manado. Gohu diciptakan dengan memakai buah pepaya, timun ataupun nenas dan dicampurkan kedalam gabungan air, cuka atau lemon, cabe rawit, jahe, gula merah dan garam secukupnya.

Lebih nikmat andai kamu menyantapnya dalam suasana dingin. Biasanya, tidak sedikit tempat santap yang meluangkan asinan ini baik yang dingin ataupun yang biasa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar