Jumat, 01 Maret 2019

makanan nusantara 5 Masakan Nusantara

makanan nusantara

Kenali 5 Masakan Nusantara Ini dan Sejarah Unik Di Baliknya
Setiap wilayah di Indonesia mempunyai makanan khasnya setiap yang menonjol, mulai dari mie Aceh, gudeg Yogyakarta, sampai ikan kuah Banda Maluku. Namun, belum tidak sedikit yang tahu bahwa sejumlah masakan nusantara pun ada yang mempunyai nama mengherankan dan latar belakang unik. Meski namanya unik, makanan sebagai berikut mempunyai cita rasa yang tidak kalah lezat dari masakan nusantara lainnya. Penasaran apa sajakah itu? Yuk, simak di bawah ini.

1. Nasi Kucing

Mungkin untuk beberapa orang nama nasi kucing sudah lumayan familiar. Masakan nusantara ini gampang ditemukan di sepanjang jalan di Solo dan Yogyakarta. Bentuknya sama dan khas, yakni nasi sekepal dibalut dengan daun pisang, dipenuhi dengan lauk sambal bandeng atau oseng tempe. Porsinya yang kecil dan serupa porsi makanan kucing ialah alasan di balik nama nasi kucing. Untuk Anda yang gemar santap street food, nasi kucing mesti Anda jajaki karena seringkali dijual dalam gerobak yang mangkal di tempat-tempat strategis, laksana di Angkringan atau warung santap sederhana ala Yogyakarta. Satu kursi panjang seringkali disediakan di depan gerobak, sampai-sampai Anda dapat mengobrol santai dengan si penjual. Untuk menyantap masakan Indonesia ini, Anda melulu perlu merogoh duit tidak lebih dari Rp 5 ribu. Penasaran guna mencicipinya?


2. Kue Dolar

Masakan nusantara khas Surabaya ini tidak serupa uang logam ataupun bersangkutan dengan mata duit asing tersebut. Namun, bentuknya yang bulat dan pipih barangkali menjadi dalil mengapa orang zaman dahulu menyebutnya kue dolar. Rasanya bermacam-macam, terdapat yang gurih, renyah dengan taburan wijen, terdapat gurih keju, dan ada pun yang beraroma jahe. Kue dolar juga lumayan identik sebagai kue tempo dulu. Usaha kue dolar kesatu kali hadir tahun 1936 yang diberi nama Kuweh Dollar Tjap Masin di Surabaya. Kini, tokonya dapat Anda temukan di main hall etape I dan III Pasar Atum, dan kita pun dapat melihat langsung penciptaan kue dolar di sana.


3. Roti Ketawa


Ada roti yang dapat tertawa? Roti khas Sumatera Utara ini berbentuk bulat dan terdapat belahan di permukaannya yang serupa seperti suatu senyuman atau ketawa. Sama-sama ditaburi dengan wijen di atasnya, roti ketawa tidak jarang disebut serupa dengan onde-onde, melulu saja teksturnya keras. Masakan nusantara ini gampang ditemukan di toko oleh-oleh Pematangsiantar. Ada dua jenis roti ketawa, yakni ukuran besar dan ukuran kecil, tetapi jika berangjangsana ke Sumatera Utara format aslinya banyak sekali berukuran besar. Roti ketawa yang masih panas bakal terasa lebih lembut dan gurih, sehingga sesuai untuk dinikmati bareng secangkir teh hangat.


4. Kue Satu

Mungkin Anda telah sering menyaksikan kue satu menjadi sajian khas ketika lebaran. Kue kecil berwarna putih ini di antara masakan nusantara warisan Jawa Barat yang telah ada semenjak dulu. Untuk orang yang masih mengenal kental kebiasaan Pasundan, resep penciptaan kue satu telah diwariskan secara turun-temurun. Kue berbahan dasar kacang hijau ini tidak saja hadir ketika perayaan besar, namun pun sering dijadikan sebagai oleh-oleh dari Tanah Sunda. Cara membuatannya juga masih memegang teguh teknik pembuatan tradisional yang memakai paparan sinar matahari guna mengeringkan kue.


6. Kue Kentut

Ada nasi yang dapat kentut? Asal timbulnya nama itu ialah karena masakan nusantara khas Medan ini dibalut oleh daun kentut yang memang memiliki wewangian tidak sedap laksana bau kentut. Namun, ketika dicicipi Anda akan menyaksikan warna dari nasi itu mempunyai warna kehijauan dan tercium wewangian harum. Nasinya juga dilengkapi dengan sekian banyak  rempah-rempah bercita rasa gurih dan lauk laksana ikan pepes, ayam goreng, serta tahu atau tempe. Tidak tidak sedikit yang tahu bahwa daun kentut ialah tanaman obat yang tumbuh binal dan mempunyai khasiat seperti menolong pelancarkan pencernanaan.



Bukan melulu dikaruniai sekian banyak  wisata alam yang indah, Indonesia pun dilimpahi tidak sedikit makanan menarik yang tersebar di penjuru negeri. Menikmati rasa otentik dari sederet masakan nusantara di atas juga terkadang mesti dilaksanakan di lokasi asalnya. Oleh sebab itu, lengkapi perjalanan wisata kuliner Anda bareng DBS Travel Privileges. Manjakan perut kita dengan sekian banyak  masakan lezat serta kenyamanan perjalanan dari DBS Travel Privileges.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar