Jumat, 01 Maret 2019

Info kesehatan Mata

Info kesehatan

Mata ialah panca indera insan yang paling penting/esensial. Dapat dibayangkan andai kita mengalami kehancuran mata atau kebutaan, anda tidak dapat merasakan dan menikmati betapa indahnya alam semesta ini.

Kenyataannya kita tidak jarang lupa untuk mengerjakan perawatan mata, sebenarnya seperti halnya unsur tubuh yang lain, mata barangkali saja terpapar gangguan atau masalah kesehatan. Gangguan-ganguan tersebut dapat disebabkan oleh udara yang tidak bersih atau terpolusi, radiasi sinar matahari, radiasi dampak terlalu lama di depan komputer, dan gangguan-gangguan lainnya.

Studi yang dilaksanakan oleh Eye Disease Prevalence Research Group (2004) memperkirakan bahwa pada tahun 2020 jumlah penderita penyakit mata dan kebutaan di dunia akan menjangkau 55 juta jiwa. Studi ini menuliskan pun bahwa penyakit mata dan kebutaan bakal meningkat terutama untuk mereka yang sudah berumur diatas 65 tahun. Seseorang yang berumur 80 tahun ke atas yang adalah8% dari total penduduk, merasakan kebutaan sejumlah 69%.

Gangguan kesehatan mata yang umum terjadi ialah penurunan faedah penglihatan, fenomena mata merah tanpa terdapat penurunan faedah penglihatan, dan mata merah dengan faedah penglihatan turun. Sampai ketika ini, penyakit mata yang tidak sedikit diderita ialah katarak, glukoma, dan infeksi.

Sampai ketika ini kegiatan antioksidan dari senyawa lutein, zeaxanthin, dan astaxanthin memberi jawaban mekanisme terjadinya penambahan kesehatan mata. Radikal bebas yang berasal dari sinar UV atau cemaran udara, masuk ke mata menyebabkan terjadinya reaksi oksidasi molekul-molekul rentan pada lensa mata.

Perkembangan Pengetahuan mengenai Kesehatan Mata
Seiring dengan bertambahnya perhatian dan pengetahuan pengaruh gizi terhadap kesehatan, terutama kesehatan mata mengakibatkan pesatnya perkembangan pasar terhadap produk-produk kesehatan, makanan obat, makanan kesehatan, obat kesehatan, suplemen makanan, suplemen kesehatan, obat herbal, obat alamimata. Sebagian besar produk-produk guna kesehatan mata yang dijual sekarang berbentuk suplemen, makanan obat, makanan kesehatan, obat kesehatan, suplemen makanan, suplemen kesehatan, obat herbal, obat alami. Di samping senyawa antioksidan (vitamin A, C, dan E) yang sebelumnya sudah diketahui dapat menambah kesehatan mata, senyawa lain laksana lutein, zeaxanthin, dan astaxanthin, baru-baru ini diketahui sebagai senyawa yang dapat menambah kesehatan mata.

Lutein suatu kumpulan senyawa karotenoid berwarna kuning yang tidak sedikit ada pada sayuran berwarna hijau. Lutein ada di macula dan diandalkan  dapat mengayomi mata dari kehancuran oksidatif oleh sinar radiasi ultraviolet (UV).

Macula sedang di tengah-tengah retina dan berdampingan langsung dengan lensa mata. Macula merupakan wilayah kecil yang berisi jutaan sel yang menolong menghasilkan penglihatan yang tajam untuk menyimak atau menyaksikan obyek dengan jelas.

Senyawa karotenoid beda yang ada di dalam macula ialah adalah zeaxanthin, yang diketahui bisa memberikan guna untuk kesehatan mata.

Penelitian yang dilaksanakan oleh Chitchumroonchokchai dan koleganya pada tahun 2004 dari Ohio State University, mengindikasikan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat mengayomi sel lensa insan dari penyampaian sinar UV, yang adalahpenyebab utama terjadinya penyakit katarak. Di samping itu, mereka membandingkan kegiatan antioksidan lutein dan zeaxanthin dengan vitamin E. Hasilnya mengindikasikan bahwa lutein dan zeaxanthin menunjukkan kegiatan 10 kali lebih tinggi dikomparasikan dengan vitamin E dalam mengayomi sel lensa dari kerusakan dampak sinar ultraviolet.

Pada tahun yang sama juga dilaksanakan penelitian oleh Neuringer dan kolega, menunjukkan keterampilan lutein dan zeaxanthin dalam menambah kesehatan mata. Sedangkan pengujian pada fauna yang disponsori oleh DSM Nutritional Products Swiss, mengindikasikan bahwa suplementasi atau peningkatan lutein dan zeaxanthin meningkatkan kegiatan antioksidan di dalam darah.

Kelompok senyawa karotenoid lainnya yang ternyata memiliki keterampilan untuk mengayomi macula dari penyampaian sinar UV ialah astaxanthin. Guerin et al. (2003) melafalkan bahwa keterampilan antioksidan dan anti-inflamasi senyawa astaxanthin dapat menyerahkan efek perlindungan mata dari sinar UV.

Perawatan Kesehatan Mata
Agar mata dapat terjaga kesehatannya, terdapat baiknya kita mengerjakan tips perawatan kesehatan mata sebagai berikut :

1.Periksa mata masing-masing 12 bulan

Masalah penglihatan yang tidak ditangani bakal berkembang semakin parah , usahakan dihindari menggunakan lensa kontak atau kacamata yang tidak lagi sesuai untuk kamu karena dapat mengakibatkan masalah penglihatan dan sakit kepala.

2.Kacamata anti-UV

Sinar UV bisa membuat kehancuran serius pada mata. Kacamata yang baik dapat menangkal hal ini. Ketika melakukan pembelian kacamata, pastikan yang bisa memantulkan sangat tidak 98% radiasi UV.

3. Nutrisi guna Mata

Studi baru-baru ini mengindikasikan bahwa vitamin dan kumpulan antioksidan bisa mencegah, atau sangat tidak memperlambat degenerasi makular dan perkembangan katarak. Nutrisi yang baik untuk tubuh pun baik guna mata.

4. Penggunaan cahaya yang cukup

Bekerja dengan cahaya minim bisa menyebabkan keletihan mata, namun cahaya yang terlampau terang pun tidak baik. Arah cahaya terbaik andai bekerja memakai komputer ialah dari lampu meja bersinar lembut dari arah samping. Kurangi tingkat cerah (brightness) monitor. Warnanya online pharmacy no prescription memang jadi tak terlampau tajam, namun mata bakal jadi lebih nyaman.

5. Istirahatkan mata Anda

Hampir seluruh orang menikmati mata mereka jadi tidak nyaman sesudah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini diakibatkan mata berkedip 25% lebih tidak banyak dari biasanya, yang mengakibatkan mata jadi kering. Satu urusan yang dapat dilakukan ialah menutup mata kita dan menghitung hingga 5 sebelum membukanya kembali. Hal lainnya ialah berpaling dari layar monitor dan konsentrasi pada suatu objek yang jauh. Lakukan ini selama sejumlah menit masing-masing 30 menit.

6. Cari lensa kontak dengan kualitas baik

Tidak seluruh lensa kontak sama. Ada yang aman guna mata Anda, dan ada pun yang mempunyai resiko merusak mata.

7. Jika menggunakan lensa kontak, rawatlah dengan baik

Lensa kontak tidaklah begitu merepotkan, namun Anda pun tak dapat melalaikan kebersihannya. Setiap kali akan menggunakan atau mencungkil lensa kontak Anda, bilaslah. Anda pun harus mengubah cairannya, saat Anda membubuhkan di lokasinya waktu Anda istirahat di malam hari.

8. Pakailah lensa kontak cocok jadwal yang disarankan

Ada orang yang berbiat menghemat dengan menggunakan lensa kontak lebih lama daripada yang dimaksudkan. Ini bukanlah urusan yang baik. Meskipun kulitas lensanya tidak bakal berkurang, tumpukan protein bisa mengaburkan penglihatan Anda. Hal beda yang mesti dipertimbangkan merupakan, semakin lama Anda menggunakan lensa kontak Anda, semakin tinggi resiko mata Anda terpapar infeksi.

9.Gunakan filter monitor.

Untuk meminimalisir sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, pakai filter glass monitor. Berbicaralah pada vendor perangkat komputer kamu untuk menemukan filter yang baik dan dapat mengurangipengaruh radiasi, tidak saja sekedar meredupkan cahaya monitor.

10. Letakkan kertas kerja supaya mudah dibaca ketika di depan komputer.

Jika kamu harus bekerja dengan mencatat atau menyimak kertas kerja, maka letakkan kertas kerja itu dalam jarak yang sebanding dengan monitor anda. Ini supaya anda tidak butuh bolak-balik memusatkan pandangan untuk menyimak kertas kerja anda, setelah menyimak di layar monitor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar