Jumat, 01 Maret 2019

kuliner indonesia 10 Makanan Khas Sunda

kuliner indonesia
Sunda adalahsalah satu suku yang terletak di Pulau Jawa unsur barat tepatnya di Provinsi Jawa Barat. Berbicara makanan khas Sunda masyarakat tidak sedikit yang berfikir bahwa makanan khas wilayah ini didominasi oleh makanan manis. Jangan salah dulu, ternyata Sunda pun menyimpan sejumlah makanan dengan cita rasa lain laksana gurih, asam segar serta pedas yang menggigit.

Makanan khas Sunda ini ternyata memiliki tidak sedikit penggemar nyaris di semua wilayah Indonesia salah satunya di masyarakat yang menduduki Pulau Jawa. Sebagian besar kuliner dari tanah Sunda ini tidak sedikit yang memakai sayuran sebagai bahan dasarnya. Jika anda penasaran dengan sejumlah jenis makanan khas Sunda maka dapat melihat uraian kuliner khas Sunda inilah ini.

10 Kumpulan Makanan Khas Sunda

1. Nasi Liwet
nasi liwet
nasi liwet

Nasi liwet adalahsalah satu jenis makanan yang telah tidak asing lagi di masyarakat. Terdapat dua jenis nasi liwet, yakni nasi liwet khas Solo yang satunya khas Sunda. Kedua jenis nasi liwet ini mempunyai perbedaan. Jika di Solo nasi liwet tercipta dari santan dengan labu siam sedangkan andai di Sunda teknik memasak tanpa memakai santan.

Nasi liwet khas Sunda mempunyai rasa yang gurih meskipun tanpa memakai santan. Rasa gurihnya berasal dari serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jambal roti, daun kemangi serta daun salam.

2. Nasi Tutug Oncom
nasi tutug oncom
nasi tutug oncom

Mendengar namanya harus kamu semua beranggapan jika makanan dari sunda ini adalahmakanan tradisional. Nasi tutug oncom ini adalahsajian nasi yang telah diaduk dengan memakai oncom goreng atau oncom bakar. Makanan satu ini sangat nikmat dihidangkan saat sedang hangat-hangatnya.

Lihat pun : 10 Makanan Khas Sumatera Utara Beserta Penjelasannya

Sebenarnya nasi tutug oncom ini adalahmakanan khas Tasikmalaya. Makanan satu ini dinamakan dengan tutug disebabkan dalam kupas Sunda tutug memiliki makna menumbuk.

3. Karedok
karedok
karedok

Di Jakarta terdapat tidak sedikit sekali penjaja karedok, sehingga tidak sedikit orang mengira andai karedok berasal dari Jakarta. Padahal bukan, karedok adalahmakanan khas Sunda yang memiliki format yang serupa dengan gado-gado. Karedok ini disajikan dengan pelbagai jenis sayuran serta saus kacang yang siap menggugah selera.

Jenis sayuran yang dipakai juga sangat pelbagai diantaranya timun, tauge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil serta sejumlah jenis sayuran lainnya.

4. Lotek
lotek
lotek

Masih dengan makanan dengan sayur-sayuran, jenis makanan khas Sunda satu ini serupa dengan teknik membuat pecel Jawa. Lotek menjadi di antara jenis makanan khas Sunda yang tidak sedikit digemari masyarakat. Jika anda sedang sedang di Jawa Barat tidak boleh sampai melewatkan makanan lezat satu ini.

Lotek adalahmakanan yang diciptakan dengan memakai sayur mayur yang tidak jauh bertolak belakang dengan gado-gado. Sayur mayur yang telah dicacah itu kemudian diguyur dengan memakai bumbu kacang yang sudah dibaur dengan memakai kentang rebus lantas ditumbuk dengan kencur sampai-sampai akan menemukan rasa lebih unik.

5. Pepes
pepes
pepes

Sebagian besar orang mengira andai pepes ialah nama makanan, sebenarnya pepes ialah teknik dalam memasak makanan yang tidak sedikit ditemukan di semua penjuru Indonesia. Di wilayah Sunda, pepes dikenal dengan nama pais. Pada dasarnya pepes atau pais ini adalahsajian yang dibalut atau dihanguskan sampai matang.

Di Sunda, terdapat sejumlah jenis pepes. Mulai dari pepes ayam, pepes daging sapi, pepes ika asin pepes teri sampai pepes tahu dan masih tidak sedikit beragam jenis pepes lainnya.

6. Bakakak Hayam
bakakak hayam
bakakak hayam

Bakakak Hayam adalahmenu unggulan yang gampang ditemukan di tanah sunda. Sebagian besar orang mengira nama makanan ini lucu dan khas. Bakakak Ayam ini adalahjenis masakan yang memakai bahan utama ayam yang sudah diserahkan bumbu eksklusif dengan cita rasa Sunda yang kemudian diubah dengan teknik dipanggang. Ayam yang disajikannya satu ekor ayam utuh sehingga dapat disantap dengan sejumlah orang sekaligus.

Menu makanan satu ini dapat disajikan dengan memakai dua jenis sambal yakni sambal merah dan sambal hijau. Di samping sambal Bakakak ayam pun lebih nikmat manakala dinikmati dengan memakai lalapan sayur.

7. Empal Gepuk Daging Sapi
bakakak hayam
empal daging sapi

Empal Gepuk daging sapi adalahmakanan yang sudah paling terkenal di Sunda, Jawa Barat. Makanan ini menjadi di antara jenis makanan mesti yang terdapat di restoran Sunda. Sesuai dengan namanya, makanan ini tercipta dari sayatan daging sapi yang telah dipukul dan dimasak dengan memakai lumuran bumbu rasa manis.

Setelah daging gepeng serta dibumbui maka proses selanjutnya yakni dengan mengungkap daging hingga bumbu meresap sampai ke serat daging. Daging yang telah diungkapkan ini bisanya mempunyai tekstur yang empuk.

8. Soto Bandung
soto bandung
soto bandung

Bandung mempunyai makanan yang lumayan terkenal yakni soto Bandung. Untuk mereka yang telah pernah berangjangsana ke kota Bandung tentu telah tidak asing dengan makanan satu ini. Soto bandung memakai tetelan daging sapi sebagai bahan utamanya. Bumbu yang dipakai antara beda jahe, lengkuas, serai, gulai,, garam serta sejumlah bumbu halus lainnya. Penyajian soto Bandung seringkali dilakukan dengan membubuhkan dalam mangkuk lantas ditambahkan dengan sejumlah bahan pelengkap laksana irisan lobak yang telah direbus, daun seledri, daun bawang, kacang kedelai goreng serta bawang goreng. Bukan melulu itu saja orang-orang juga dapat menambahkan sambal, jeruk nipis serta kecap manis supaya rasanya semakin lezat.

9. Mie Kocok
mi kocok
mi kocok

Sunda ternyata pun mempunyai mie yang menjadi favorit tidak sedikit orang. Mie kocok namanya. mie kocok ini memakai mie kuning sebagai bagan dasar penciptaan mie yang lantas dihidangkan dengan kaldu sapi. Makanan jenis ini tidak sedikit ditemukan di area Bandung. Mie Kocok secara umum disajikan dengan memakai tauge yang telah direbus, bakso, irisan kikil, jeruk nipis serta taburan daun seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Untuk diketahui, makanan ini diberi nama mie kocok sebab dalam proses pembuatannya dengan teknik mengocok-ngocok mie dalam wadah yang telah dicelupkan dengan air panas. Untuk menemukan rasa yang lebih istimewa maka mayoritas orang memakai kecap manis serta sambal di kaldunya.

10. Emal Gentong
empal gentong
empal gentong

Empal gentong ini bertolak belakang dengan empal gepuk. Namun kedua jenis makanan khas Sunda itu sama-sama tercipta dari bahan utama daging sapi. Empal gentong tergolong jenis makanan yang tidak sedikit digemari masyarakat luas.

Empal gentong ini adalahjenis makanan khas wilayah Cirebon, Sunda, Jawa Barat. Makanan satu ini seringkali disajikan dengan kucai serta sambal yang tercipta dari cabai kering giling.

Empal gentong adalahmakanan yang tercipta dari daging sapi dengan proses masak dengan memakai gentong. Empal gentong atau gulau daging sapi ini seringkali disajikan dengan memakai lontong atau nasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar